PDI-P: Konsekuensi Penggabungan Kementerian Pasti Ada Reshuffle, Kita Tunggu Saja

  • Whatsapp
Ilustrasi Reshuffle. Foto: Asri Dwiputri/Okezone

INDOPOLITIKA.COM – Politikus senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan reshuffle hampir pasti dilakukan, menyusul perubahan kursi kepemimpinan tingkat menteri di kabinet.

Seperti diketahui, rapat Paripurna DPR RI menyetujui penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Berita Lainnya

DPR juga menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. “Konsekuensinya demikian (reshuffle). Kita tunggu saja,” kata Hendrawan lewat pesan singkat melansir CNNIndonesia.com, Jumat (9/4/2021).

Meski begitu, ia mengaku belum tahu kapan reshuffle digelar. Hendrawan juga tak tahu apa Presiden Jokowi telah mengumpulkan para ketua partai politik koalisi untuk bicara soal reshuffle.

Hal senada juga disampaikan politikus senior Partai NasDem Irma Suryani Chaniago. Irma berpendapat reshuffle pasti dilakukan usai perombakan struktur kabinet seperti saat ini.

“Jika ada penggabungan kementerian dan ada posisi kementerian baru, sudah pasti ada reshuffle, tetapi apakah personelnya yang diganti atau pindah posisi, itu yang belum diketahui,” kata Irma lewat pesan singkat, Jumat (9/4/2021).

Irma menyampaikan biasanya Jokowi akan bicara dengan ketua umum partai pengusung jelang reshuffle. Untuk saat ini, Irma mengaku belum ada pembicaraan dari Jokowi soal itu.

Sebelumnya, DPR RI menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian. Keputusan diambil dalam Rapat Parupurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (9/4/201).

Surat itu berisi usulan pemerintah menggabungkan Kemendikbud dengan Kemenristek. Selain itu, pemerintah juga mengusulkan pembentukan Kementerian Investasi. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *