PDIP Blitar Yakini Aksi Vandalisme pada Baliho Puan Bermuatan Politis

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – PDIP Blitar meyakini aksi vandalisme terhadap baliho Ketua DPR RI Puan Maharani bermuatan politis. Sekretaris DPC PDIP Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan aksi itu tidak mungkin dilakukan dengan maksud iseng.

“Ini maksudnya apa, kita ini bertanya-tanya. Motifnya apa, ini kita harap pihak kepolisian bisa segera mengungkap,” kata Suwito kepada dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Berita Lainnya

Menurut Suwito, ada dua alasan mengapa coretan tulisan “Open BO” pada baliho Puan Maharani itu tidak mungkin dilakukan hanya karena iseng.

Pertama, baliho berukuran sekitar 2×3 meter itu dipasang pada ketinggian lebih dari tiga meter di atas tanah sehingga butuh usaha keras untuk mencapai baliho dan membuat coretan.

“Itu kalau dua orang saling panggul juga tidak akan bisa (menggapai). Harus pakai tangga atau alat,” ujarnya.

Kedua, menurut Suwito, hanya baliho yang berdiri di depan kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar yang menjadi sasaran vandalisme.

Padahal, lanjutnya, ada beberapa baliho serupa yang memajang foto Puan Maharani di Kabupaten dan Kota Blitar namun tidak menjadi target vandalisme.

“Dan baliho itu kan tidak hanya di situ, ada di beberapa tempat lain,” ucapnya.

Namun Suwito tidak mau berspekulasi lebih jauh terkait apa motif di balik vandalisme pada baliho Puan Maharani.

Suwito mengatakan, adanya coretan hitam bertuliskan “Open BO” pada baliho tersebut diketahui pertama kali oleh penjaga kantor DPC PDI Perjuangan pada Kamis pagi (22/7/2021).

Penjaga kantor yang bertugas jaga malam itu, ujar Suwito, kemudian melaporkan kepada pengurus partai apa yang dilihatnya pada baliho.

“Rabu sore (21/7/2021) belum ada coretan itu. Kamis paginya, petugas yang tidur di kantor, baru mengetahui adanya coretan itu sekitar pukul 8.00 WIB, pagi,” katanya. [fed]

 

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *