PDIP dan Demokrat Didesak Setor Nama Pimpinan DPRD DKI

Biar Cepat Pelantikan Pimpinan Dewan Definitif
  • Whatsapp

INDOPOLITIKA – DPP Partai Amanat Nasional (PAN) telah menunjuk putri dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Zita Anjani sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Surat penunjukan sudah diterima pimpinan sementara DPRD DKI Jakarta.

“(Dari) PAN itu Mbak Anjani. (Wakil ketua dari) PKS, Pak Suhaimi,” ucap Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Syarif, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Senin (9/9).

Baca Juga:

Komposisi Pimpinan DPRD DKI Jakarta dipilih berdasarkan lima kursi terbanyak di DPRD DKI. Ketua berasal dari PDIP, sementara wakil berasal dari Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Selain PAN dan PKS, Gerindra sudah bersurat untuk menunjuk M Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD DKI. Sementara, PDIP dan Demokrat belum menyerahkan nama.

“Surat dari DPP PDIP, sama Demokrat, tinggal dua lagi belum selesai. Yang PAN, Gerindra, PKS, itu sudah kirim ke pimpinan sementara, sambil berjalan, kita selesaikan Tata Tertib, rencananya Kita sebelum tanggal 19 (September), ya mungkin 16, 17 paripurna pelantikan Pimpinan DPRD,” ucap Syarif.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI sementara, Pantas Nainggolan sebelumnya menyebut ketiga nama itu memiliki jabatan pada periode sebelumnya.

“Mereka adalah Pak Prasetio Edi Marsudi (Ketua DPRD DKI 2014-2019), Pak Gembong (Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI 2014-2019), dan Ida Mahmudah (mantan Ketua Komisi A DPRD DKI 2014-2019),” kata Pantas kemarin.

Ketiganya juga merupakan anggota DPRD petahana yang telah duduk di kursi dewan sejak periode 2014-2019.Dari tiga nama calon dari PDIP, Prasetio sebelumnya dipilih oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019.

Jika kali ini kembali dipilih maka jabatan Ketua DPRD DKI adalah periode kedua yang diemban oleh Bendahara PDIP DKI tersebut. Pada periode 2014-2019, bahkan Prasetio mencatat rekor sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta untuk lima Gubernur berbeda. Yakni, mulai dari Gubernur DKI Jakarta era Jokowi, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Plt Soni Sumarsono, Djarot Saiful Hidayat hingga Anies Baswedan. Sebelumnya Prasetio juga menjabat sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta sejak 2013 hingga 2014.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *