PDIP Gelar Festival Pahlawan Desa, Megawati Ingin Desa Jadi Pembumian Pancasila

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – DPP PDI Perjuangan menggelar festival mengenai tokoh desa/kelurahan melalui video pendek dengan tema Festival Pahlawan Desa. Festival ini akan memperebutkan Piala Megawati Kawal Pancasila dari Desa.

Louncing festival itu dilaksanakan secara virtual di Jakarta, Sabtu (10/7/2021), dengan dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Berita Lainnya

Hasto mengatakan, Megawati mengharapkan kegiatan ini tak hanya bicara tokoh penggerak desa/kelurahan. Namun, bagaimana dengan kegiatan ini mampu menunjukkan desa yang sebenarnya, mulai keindahannya, makanannya, tradisi, dan kultur yang tumbuh di desa tersebut.

“Ibu Mega berpesan agar saat kita bicara desa, maka desa harus jadi pusat pergerakan kepartaian kita. Desa harus jadi pusat penghormatan dan pembumian Pancasila,” kata Hasto menyampaikan pesan Megawati.

Dia melanjutkan, Presiden Kelima RI itu mengingatkan bahwa desa adalah ujung tombak pemerintahan. Desa juga sumber kehidupan adat istiadat yang merupakan kepribadian bangsa.

Karena itu, lanjut Hasto, Megawati berharap kegiatan ini jadi momentum untuk mengingatkan kader agar bergerak dari desa sebagai basis teritorial dalam menghadirkan seluruh cita-cita dan gagasan Bung Karno.

“Karenanya, dalam menyelenggarakan lomba ini, pesan Bu Mega adalah bagaimana melihat keseluruhan aspek desa, dan lebih penting bagaimana kader-kader partai hadir di tengah desa itu,” papar Hasto.

Hasto menambahkan, PDIP baru saja mengeluarkan surat edaran kepada kader partai di seluruh Indonesia. Isinya, mengingatkan jebakan utama kader partai adalah perasaan mapan.

Bahwa seakan menjadi pemenang pemilu sudah cukup sehingga tak mau bekerja keras. Cenderung terjebak dalam kehidupan hedonis, dan masuk dalam alam pikir kapitalisme yang sebenarnya harus dilawan dengan gotong royong.

“Maka kader harus mendorong fighting spirit, cari tantangan baru demi menjalankan ajaran Bung Karno. Dan ini harus dilaksanakan dengan kesadaran yang tertinggi. Sehingga kader bergerak, berinisiatif dengan kesadarannya, tanpa harus diperintah lebih dulu,” beber Hasto.

Hasto mengatakan, bahwa pesan dari Megawati itu memiliki makna jelas bahwa kader partai harus menjadi ujung tombak gerakan di desa.

“Karena itulah, dengan melihat desa, maka kita tahu bahwa desa sebagai pusat peradaban harus dikembangkan. Sejatinya letak karakter kader partai adalah turun ke bawah menggelorakan semangat turun dan bersama rakyat di desa,” tegas Hasto.

Sebagai informasi, Pengurus Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDIP yang menginisasi acara itu juga menghadiri peluncuran, yaitu Ketua Aria Bima, Sekretaris Rano Karno, Bendahara Vita Ervina, dan Abidin Fikri. Sementara Kirana Larasati sebagai moderator. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *