PDIP – Gerindra Lewat, Partai Demokrat Potensial Menangkan Pemilu 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), pada Kamis (6/5/2021) lalu, merilis hasil survei terkait kontestasi partai politik menuju pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hasilnya cukup mengejutkan, Partai Demokrat melonjak ke peringkat dua dengan elektabilitas sebesar 11,3 persen.

Tepat di atas Demokrat, ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 24,0 persen. Sedangkan Partai Gerindra berada di peringkat ketiga dengan 9,0 persen dan Partai Golkar berada di bawahnya dengan 7,4 persen.

Berita Lainnya

Menanggapi hasil survei tersebut, pengamat politik Sendy Vicky Sutikno dari Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP), memprediksi perolehan suara Partai Demokrat akan terus naik bahkan berpotensi memenangkan Pemilu 2024.

“Saya tak terkejut melihat hasil survei tersebut. Jauh-jauh hari saya sudah mengatakan, Partai Demokrat akan terus naik suaranya. Bahkan saya punya keyakinan Partai Demokrat bisa mengalahkan PDIP di Pemilu 2024 mendatang,” kata Sendi saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Senin (10/5/2021).

Sendi melanjutkan, Partai Demokrat bisa memenangkan Pemilu 2024 asalkan bisa memanfaatkan situasi buruk yang dialami PDIP maupun Gerindra. Yang mana belakangan ini kader dari kedua partai tersebut banyak yang terseret kasus korupsi.

“Partai Demokrat sangat mungkin menang di Pemilu 2024. Apabila mampu memanfaatkan dari situasi bobroknya partai pemenang pada Pemilu sebelumnya, yaitu PDIP dan Gerindra. Dua kader partai ini dalam beberapa bulan terakhir banyak yang terjerat kasus korupsi, mantan Menteri Sosial Juliari Batubara misalnya dari PDIP, kemudian mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dari Gerindra,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sendi menegaskan Partai Demokrat bisa menang dengan mudah pada Pemilu 2024 mendatang kalau mereka bisa menawarkan solusi atas segala program dan kebijakan pemerintah saat ini yang dinilai mengecewakan rakyat.

“Selain banyak kader PDIP dan Gerindra yang terjerat korupsi, saat ini banyak sekali kebijakan pemerintah yang menuai kecaman dari masyarakat. Jika Partai Demokrat berhasil memberi alternatif atau solusi atas persolan rakyat secara kongkrit, saya yakin mereka bisa menang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sendi menjelaskan peluang Partai Demokrat memenangkan Pemilu 2024 terbuka lebar, jika SBY maupun AHY berani secara tegas menyatakan diri bahwa Partai Demokrat adalah oposisi pemerintah. Tidak hanya sampai disitu, mereka juga harus terang-terangan mengkritik setiap kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan rakyat.

“Yang menjadi masalah Partai Demokrat saat ini kan, mereka partai pemerintah bukan, tetapi lantang menyatakan diri sebagai oposisi juga tidak. Padahal kalau mereka mau belajar pada Gerindra di Pemilu 2019, mengapa mereka suaranya tinggi hanya kalah dari PDIP, bukan hanya karena mereka mengusung Prabowo sebagai capres, tetapi sebelumnya mereka tegas menyatakan diri sebagai oposisi dari pemerintah,” lanjut Sendi.

Sendi menambahkan, dua hal penting yang wajib dilakukan Partai Demokrat dan tidak bisa ditawar-tawar jika ingin memenangkan Pemilu 2024, mereka harus mulai menyiapkan tenaga-tenaga yang ketika waktunya tiba mereka siap bertempur. Satu lagi yang harus dilakukan Partai Demokrat adalah membangun koalisi yang tepat serta mengusung calon yang menawarkan perbedaan dengan pemerintahan saat ini.

“Terakhir, yang tidak kalah penting, Partai Demokrat bisa memenangkan Pemilu 2024 asalkan terus konsisten membina kader dan simpatisan sampai ke level akar rumput. Dan Partai Demokrat berhasil membangun koalisi untuk Pilpres 2024 dengan menawarkan paslon yang antitesa dari calon yang ditawarkan PDIP,” pungkas Sendi. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *