PDIP Ingin Pilpres 2024 Diikuti 2 Paslon, Begini Tanggapan PPP

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, menanggapi PDIP yang ingin koalisi di Pilpres 2024 hanya melahirkan 2 paslon saja. Menurut Baidowi, jumlah capres di 2024 tergantung pada dinamika politik saat membangun koalisi.

“Soal kemudian nanti hanya 2 paslon itu kan dinamika politik dalam penyusunan bangunan koalisi,” kata pria yang disapa Awiek itu, Senin (31/5/2021).

Berita Lainnya

“Kalau PPP mengikuti ketentuan UU pemilu yakni syarat dukungan capres 20% kursi atau 25% suara,” jelas dia.

Sekretaris Fraksi PPP DPR itu mengatakan UU membuka peluang capres hingga 4 pasangan. Namun, kata dia, semua tergantung kalkulasi politik setiap parpol nantinya.

“UU membuka peluang paslon hingga 4. Namun sekali lagi, soal pilpres ada kalkulasi politik yang kadang berubah di lapangan,” kata dia.

Lebih lanjut, Awiek menuturkan, saat ini PPP belum memiliki sikap terkait jumlah capres ideal di 2024. Dia menyebut hal itu tergantung pada kesepakatan koalisi nantinya.

“Tergantung kesepakatan koalisi,” tutup Awiek.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan partainya akan membangun koalisi di Pilpres 2024. Sehingga diharapkan pilpres 2024 hanya menghadirkan 2 paslon saja.

Pertimbangan Hasto adalah agar tak terjadi putaran kedua. Dengan begitu, diharapkan negara dapat menghemat anggaran dan fokus ke permasalahan yang ada, bukan hanya Pilpres 2024.

“Maka kami akan membangun koalisi sehingga pemilu ke depan diikuti dua paslon. Tidak ada dua ronde pemilu presiden supaya energi bangsa bisa difokuskan mengatasi persoalan bangsa,” kata Hasto dalam webinar PARA Syndicate, Jumat (28/5/2021) lalu. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *