PDIP Setuju Bekasi dan Depok Gabung DKI

  • Whatsapp
Gembong Warsono

INDOPOLITIKA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setuju dengan wacana bergabungnya Bekasi dan Depok ke wilayah Provinsi DKI Jakarta. Asal, pemekaran kedua kota berlandaskan kajian mendalam.

“Kalau ditanya Fraksi PDI perjuangan kami pasti setuju dengan wacana itu. Tapi persetujuan itu kan harus melalui kajian yang lebih. Persetujuan perlu lihat kajian tadi,” ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, Jumat (23/8).

Baca Juga:

Menurut Gembong, setidaknya ada tiga poin yang harus diperhatikan sebelum pemindahan Bekasi dan Depok ke Ibu Kota.

Pertama, pemekaran sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat. Kedua, kebutuhan soal kajian komprehensif penggabungan beberapa daerah ke Jakarta. Ketiga, perlu diadakan dengar pendapat dengan warga mengenai wacana penggabungan itu.

“Tiga hal ini perlu dikaji mendalam, agar apapun yang nanti diputuskan menjadi keputusan yang memang menjadi kehendak semua pihak,” tuturnya.

“Kalau ditanyakan apakah Fraksi PDI Perjuangan setuju? Kalau soal setuju atau tidak setujunya kalau sudah menjadi kewenangan keputusan saya kira PDI Perjuangan pasti akan menyokong itu. Sepakat sih,” imbuhnya.

Gembong mengatakan, wacana pemekaran wilayah DKI Jakarta karena adanya perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Ia percaya tak ada masalah dengan anggaran jika Bekasi dan Depok bergabung dengan Jakarta.

“Ada kompensasi PAD yang bisa dimasukkan juga. Secara otomatis katakanlah Bekasi, Depok masuk, PAD kita akan bertambah juga. Kalau soal itu (anggaran) enggak terlalu problem karena dua daerah ini juga kan gemuk juga dalam arti PAD nya,” tutup dia.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *