Pejabat Tinggi Hingga Cleaning Service Sudah Diperiksa, Tersangka Pembakar Gedung Kejagung Bakal Ditentukan Hari Ini

  • Whatsapp
Kondisi terakhir Gedung Kejagung. Petugas Damkar masih melakukan pendinginan setelah berhasil memadamkan api yang membakar lebih dari 10 jam. (FOTO: SINDOnews)

INDOPOLITIKA.COM – Penyidik Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan terhadap pejabat tinggi Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan pidana kebakaran di gedung utama Kejagung beberapa waktu lalu.

Selain itu penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap PNS Kejaksaan Agung, PNS Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan penjual Top Cleaner. Mereka semua diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi. Meski demikian identitas mereka yang diperiksa masih dirahasiakan.

Bacaan Lainnya

“Memeriksa empat orang saksi terdiri dari Pejabat Tinggi Kejagung, PNS Kejagung, PNS Kemendag, Penjual Top Cleaner,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, Kamis (1/10/2020).

Secara paralel, penyidik Ditipidum Bareskrim Polri hari ini juga melakukan gelar perkara bersama Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus itu.

“Selanjutnya melakukan ekspose gelar perkara dengan Jaksa Peneliti (P16),” ucap Ferdy.

Gelar perkara dilakukan untuk menentukan tersangka dalam kasus tersebut.

Seperti diketahui, Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung terjadi pada Sabtu malam, 22 Agustus 2020  sekitar pukul 19.10 WIB.

Dalam penyelidikan ditemukan fakta bahwa adanya tukang bangunan atau kuli yang sedang melakukan pekerjaannya di lantai enam gedung tersebut sebelum dan saat terjadi kebakaran.

“Puslabfor menyimpulkan bahwa sumber api bukan karena arus pendek, tapi karena nyala api terbuka,” kata Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 17 September 2020.

Listyo menyebut asal api diduga berasal dari ruang rapat biro kepegawaian di lantai enam gedung utama, kemudian menjalar ke ruangan lain.

Bareskrim Polri menetapkan kasus kebakaran ini menjadi peristiwa pidana dan telah naik ke penyidikan. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *