Pelamar Fiktif Kacaukan Pendaftaran CPNS 2019, Ini Penjelasan BKN

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) terpaksa meniadakan fitur jumlah pelamar dalam portal https://sscn.bkn.go.id seperti tahun 2018 silam.

Plt Kepala Biro Humas BKN, Paryono dalam keterangan tertulisnya mengatakan, hal itu terpaksa dilakukan menyusul ditemukannya indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar, di menu pencarian formasi oleh sejumlah oknum, dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi tertentu agar terlihat telah banyak pendaftar.

Muat Lebih

Tujuanya, mengecoh peminat formasi itu agar memilih formasi lain karena sudah banyak tadi. “Oleh karena itu, fitur tersebut ditiadakan demi menciptakan kompetisi adil tanpa pelamar terpengaruh dengan kuantitas pelamar yang telah melamar pada formasi tertentu (blind competition) pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019,” ungkapnya.

Lebih lanjut Paryono menjelaskan bahwa peniadaan fitur tersebut tidak mengurangi aspek transparansi pada seleksi CPNS 2019. Aspek transparansi tetap terjamin melalui pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN yang juga berprinsip akuntabel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *