Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Telan Anggaran Rp 1 Miliar Lebih

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin baru saja dilaksanakan, Minggu (20/10). Namun, berapakah anggaran yang dikeluarkan untuk pelantikan tersebut?

Tentunya, untuk melaksanakan semua itu bukan perkara yang murah. Sebab, tamu-tamu kenegaraan diundang dan menyaksikan pergantian tersebut.

Bacaan Lainnya

Meski belum diketahui anggaran yang pasti, namun kita bisa melihat dari anggaran pelantikan pada periode lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, biaya pelantikan Presiden di periode-periode sebelumnya, yakni saat pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di tahun 2014 lalu, mencapai lebih dari Rp 1 miliaran.

Dana tersebut digunakan di antaranya sebagai dana pengamanan, sampai dana persiapan acara. Kebanyakan digunakan untuk membiayai konsumsi tamu undangan yang diperkirakan mencapai 1.200 orang. 

Selain itu, panitia pelaksana juga diberikan honor sekitar Rp 600 ribu per orangnya. Belum lagi dengan biaya kelistrikan dan mempersiapkan genset mengantisipasi mati listrik. 

Sementara saat, pelantikan SBY dan Boediono pada tahun 2009 masih jauh lebih murah. Biaya pelantikannya cuma menelan biaya Rp 300 juta saja. Ya mungkin masuk akal ya, kan bedanya sekitar 4 tahun.

Lalu anggaran untuk pelantikan Preisden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diperkirakan melebihi periode sebelumnya yakni lebih dari Rp 1 miliar.

Sebelumnya, pihak istana negara menyiapkan biaya Rp 1 miliar menyewa mobil mewah Mercedes-Benz untuk para tamu negara yang hadir di pelantikan Jokowi-Ma’ruf.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pihaknya menyewa sebanyak 18 unit Mercedes-Benz.

“Kami menyewa dengan persyaratan minta yang benar-benar baru dari pabrik. Dari anggaran kami kurang lebih Rp 1 miliar,” kata Heru di Komplek Istana Kepresidenan, Kamis (17/10) lalu.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *