Pemerintahan

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari Ditargetkan Rampung September 2019

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang memiliki panjang 1.348 meter, ditargetkan rampung dan dapat beroperasi pada September 2019 mendatang.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XIV, Ditjen Bina Marga Ahmad Cahyadi mengungkapkan, saat ini progres pembangunan fisik yang akan menunjang sistem jaringan jalan dari Kota Lama di sisi utara menuju Poasia di sisi selatan Teluk Kendari dan sebaliknya itu telah mencapai 36,3%.

“Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh perusahaan konsorsium yakni PT. PP dan PT Nindya Karya dengan anggaran mencapai Rp 802 miliar,” kata Ahmad Cahyadi beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, pembangunan Jembatan Teluk Kendari itu sedianya terdiri dari beberapa proses pengerjaan yakni pembangunan jembatan layang baru dengan dua jalur, masing-masing memiliki dua lajur dengan median dan trotoar. Kemudian proses konstruksi bangunan bawah yakni pondasi tiang bor dengan pylon pada jembatan utama dan pier pada jembatan pendekat.

Lalu proses konstruksi bangunan atas yaitu bentang utama jembatan tipe cable stayed pada jembatan utama dan gelagar pratekan pada jembatan pendekat dan pembangunan jalan pendekat (oprit) pada kedua ujung jembatan.

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari itu diharapkan dapat menunjang sistem jaringan jalan dari Kota Lama di sisi utara menuju Poasia di sisi selatan Teluk Kendari dan sebaliknya.

“Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut,” pungkas Ahmad Cahyadi. (red)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close