Pembatasan WNA Masuk Ke Papua Belum Dicabut

  • Whatsapp
Menkopolhukam Wiranto (ist)

INDOPOLITIKA.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam, Wiranto, menyebut pemerintah masih melakukan pembatasan terhadap Warga Negara Asing untuk menuju Pulau Papua.

Pemerintah belum berniat mencabut pembatasan tersebut meski situasi di Bumi Cenderawasih mulai kondusif. “Pengawasan orang asing, itu masih kami lakukan,” kata Wiranto di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Baca Juga:

Wiranto beralasan, pemerintah masih memerlukan kondisi yang perlu dirawat sehingga pembatasan terhadap WNA ke Pulau Papua belum dicabut. Namun, Wiranto tidak menjelaskan rincian kondisi yang perlu dirawat itu.

“Kami lakukan karena butuh kondisi yang perlu kami rawat, kehadiran wartawan asing, orang asing, masih kami pertimbangkan diberi kebebasan seperti semula,” ucap dia.

Selain pembatasan WNA, pemerintah sempat melakukan pembatasan terhadap internet di Pulau Papua. Pembatasan itu dilakukan sejak merebaknya demonstrasi yang diwarnai kerusuhan di Bumi Cenderawasih.

Untuk internet, pemerintah mengklaim telah mencabut pembatasan pada 5 September 2019. Pemerintah beralasan situasi di Papua dan Papua Barat sudah berangsur kondusif dan pembatasan internet tidak diperlukan kembali.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *