Pembayaran SPP Melalui Go-PaY, Nadiem Makarim : Bukan Urusan Saya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Berkembangnya rumor terkait dengan adanya rencana pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) menggunakan GoPay di sekolah-sekolah, membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim angkat suara.

Menurutnya, pemilihan metode pembayaran menggunakan aplikasi Gojek itu adalah hak masing-masing sekolah.

Bacaan Lainnya

“Itu kan enggak ada urusannya sama Kemendikbud sama sekali. Sekolah-sekolah kayak swasta kan menerima apa pun cara pembayaran, dia mau pilih bank apa,” kata Nadiem

Ia pun meminta jangan disangkut pautkan dengan dirinya dan lembaga yang sedang dipimpinnya yakni, Kemendikbud.

“Dia mau ke metode pemilihan pembayaran apa, itu bukan urusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Nadiem.

Sebelumnya, Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse mengatakan, orangtua dan wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler, dengan GoPay.

Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills. Cara ini dinilai oleh Arno akan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Sementara, Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf menilai, pembayaran uang SPP menggunakan GoPay merupakan ide yang baik. Menurut dia, pembayaran dengan cara digital seperti itu memang tak bisa dihindarkan.

Namun, Dede mengatakan, Komisi X akan memprotes apabila pembayaran SPP melalui GoPay itu berdasarkan instruksi Nadiem Makarim yang merupakan mantan CEO Gojek.

Sebab, menurut dia, ini sama dengan Nadiem menyalahgunakan kewenangannya.

“Karena itu kan sama saja menggunakan kewenangan ataupun menggunakan kepentingan sendiri,” ujar Dede, Senin (17/2/2020).

“Kalau sampai ada instruksi dari Kemendikbud, itu berarti penyalahgunaan wewenang, tetapi ternyata tidak ada,” kata dia. Baca berikutnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *