Internasional

Pembuat Bom untuk Taliban Divonis Penjara Seumur Hidup

Polisi menangka[ Khalid Mohammed Omar Ali (kiri) di Whitehall, Inggris, 27 April 2017. (Foto: AFP/NIKLAS HALLEN)

London: Seorang pembuat bom untuk kelompok militan Taliban yang juga mencoba melancarkan aksi teror di Westminster, London, dijatuhi vonis penjara minimal 40 tahun hingga seumur hidup.

Hakim menjatuhkan sejumlah vonis kepada Khalid Mohammed Omar Ali yang telah membuat banyak bahan peledak untuk melawan pasukan Inggris dan NATO di Afghanistan. Ia juga melakukan aksi serangan pisau di London, hanya beberapa bulan setelah kembali ke Inggris.

Rekaman dramatis menunjukkan Khalid, lelaki 28 tahun, dikepung polisi bersenjata di Whitehall pada April tahun lalu. Petugas menekukan tiga bilah pisau di tubuh Khalid di hadapan sejumlah turis yang ketakutan.

Khalid mengakui ingin menyampaikan "pesan kepada para pemimpin Inggris" dan siap membunuh siapapun yang menghalanginya. Aksi teror terjadi hanya empat pekan menyusul serangan terorisme lain di Inggris yang terinspirasi kelompok militan Islamic State (ISIS).

Hakim Nicholas Hilliard berkata, Khalid bertujuan mencari "publisitas maksimum dan menebar teror."

"Saya benar-benar yakin Anda pernah berada di Afghanistan," tambah dia. 

"Anda adalah anggota dari tim yang membuat IED (bom rakitan) yang diledakkan di medan tempur sebelum Januari dan Juli 2012," cetus sang hakim, seperti dinukil dari Independent, Sabtu 21 Juli 2018.

Jaksa Brian Altman mengatakan kepada Pusat Pengadilan Kriminal di London bahwa Khalid bertujuan melancarkan "serangan teror mematikan untuk menyerang jantung demokrasi negara ini, dengan membunuh seorang perwira polisi, anggota militer atau bahkan anggota parlemen."

Empat bulan sebelum dia ditangkap, Biro Investigasi Federal (FBI( telah mencocokkan sidik jari Khalid dengan dua tabung bahan peledak yang ditemukan pasukan Afghanistan pada 2012. 

Tetapi polisi belum menangkap Ali, dan memutuskan baru akan melakukannya di "waktu yang paling tepat."

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close