Pemdes Pagedangan Ilir Normalisasi Irigasi Tresier Sederhana Melalui Padat Karta Tunai Desa

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Desa Pagedangan Ilir, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang melaksanakan kegiatan normalisasi irigasi saluran air tresier diwilayah RW 02.

Kegiatan normalisasi sepanjang 1000 meter diperuntukan bagi pertanian dan perikanan yang dilaksanakan melalui padat karya tunai desa (PKTD).

Program ini menjadi solusi di tengah pandemi untuk meningkatkan pendapatan warga desa, disamping manfaat pembangunan skala prioritas tetap berjalan, pendapatan warga desa pun mulai berangsur pulih, sehingga semua dapat terbantu dengan ada program ini.

Semua program ini bertujuan sebagai program yang membantu perekonomian warga masyarakat Desa Pagedangan Ilir serta mewujudkan Program Utama Kementrian Desa dan PDTT yakni SDGs Desa.

Kepala Desa Pagedangan Ilir Arief Chaer Muzakir menyampaikan, dengan normalisasi, saluran air dapat berfungsi agar air mengalir dengan baik memenuhi kebutuhan petani. Karena saluran irigasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam bidang usaha pertanian dan perikanan.

“Saluran irigasi penting dalam bidang pertanian dan perikanan, tanpa adanya sistem irigasi, usahanya tidak akan berjalan maksimal,” jelasnya.

Arief menambahkan, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang  merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

“Melalui PKTD diharapkan pertanian dan perikanan di desa pagedangan ilir bisa maju dan sejahtera,” tutupnya. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.