Pemekaran di Wilayah Papua, Fadli Zon: Kenapa Tidak?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung jika pemerintah memutuskan pemekaran wilayah Papua dan Papua Barat. Apalagi jika pemekaran itu jadi solusi bagi perdamaian dan pembangunan di Bumi Cendrawasih.

“Kalau itu bisa menyelesaikan masalah dan mempercepat proses pembangunan di sana, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan ekonomi rakyat, dan sesuai dengan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) ya kenapa tidak?” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga:

Menurut Fadli, keputusan itu harus benar-benar berdasarkan aspirasi masyarakat Papua dan Papua Barat. Ia tidak ingin pemerintah asal ambil keputusan. Ia meminta pemerintah mendengarkan pendapat dari tokoh Papua-Papua Barat yang memang mewakili masyarakat setempat.

Fadli mengatakan, anggota legislatif juga siap membahas rencana pemekaran wilayah di Papua dan Papua Barat bersama dengan pemerintah.

“Kalau DPR dari dulu kan (siap). Bahkan di 2014 soal daerah otonomi baru pun setuju, kan pemerintah yang melakukan moratorium,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa tokoh Papua dan Papua Barat menemui Presiden Jokowi untuk menyampaikan aspirasi. Ketua rombongan tokoh Papua, Abisai Rollo, menyampaikan sepuluh tuntutan. Salah satunya terkait pemekaran wilayah.

“Saya perlu sampaikan beberapa hal yang dapat disampaikan oleh rombongan kita. Menjadi catatan penting, pertama kita minta kepada Bapak Presiden untuk ada pemekaran provinsi lima wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat,” ujar Abisai.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *