Pemerintah Akan Bagikan 200 Ribu Paket Sembako ke Warga Jabodetabek

  • Whatsapp
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto. Foto/Dok/ BNPB)

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah akan membagikan paket sembako sebanyak 200 ribu paket untuk warga Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai upaya mengurangi dan menanggulangi dampak ekonomi dari pandemik Covid-19.

“Menteri Sosial (Julian Batubara) telah melaporkan dalam waktu dekat akan ada 200 ribu paket sembako yang akan didistribusikan kepada warga Jabodetabek. Ini di luar program social safety net ya,” papar Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal Doni Mordano dalam konferensi pers melalui video conference seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Senin (6/4/2020).

Bacaan Lainnya

Doni mengatakan, bantuan sosial tambahan juga aka ada di luar program jaring pengaman sosial. Dia meminta agar RT dan RW di tiap daerah untuk mendata masyarakat yang diprioritaskan mendapat bantuan sosial dampak dari Covid-19. Selain itu, bantuan sosial ini juga tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Di luar bantuan sembako, khususnya di program jaring pengaman sosial pemerintah juga menyiapkan peningkatan dana program keluarga harapan (PKH). Dari jumlah penerima 9,2 juta menjadi 10 juta penerima. Besaran bantuan PKH pun juga dinaikkan 25 persen.

Jumlah penerima kartu sembako juga ditambah. Dari jumlah 12,5 juta menjadi 20 juta dengan kenaikan nilai bantuan dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu. Pemerintah juga menaikkan kartu pekerja dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun. Target penerima program ini juga bertambah menjadi 5,6 juta orang. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *