Pemerintah AS Beri Ucapan Selamat HUT RI

  • Whatsapp
Ilustrasi

INDOPOLITIKA, Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 dirayakan pada Sabtu 17 Agustus 2019. Negara sahabat mengucapkan selamat atas HUT RI tersebut, salah satunya Amerika Serikat .

Ucapan selamat dari Amerika Serikat itu disampaikan Menteri Luar Negeri Michael R. Pompeo.

Baca Juga:

“Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 pada tanggal 17 Agustus,” ungkap Pompeo, Jumat (16/8/2019).

Pompeo melanjutkan, 2019 juga bertepatan dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik resmi Amerika dan Indonesia.

“Kami mengharapkan kemajuan Kemitraan Strategis terus berlanjut untuk kepentingan rakyat Indonesia dan Amerika, serta untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran di kawasan dan di dunia,” kata dia.

Pompeo juga menyatakan, Amerika Serikat menghargai Indonesia sebagai pemimpin yang demokratis di kawasan Indo-Pasifik. Selain itu, Indonesia juga dianggap sebagai “suara penting untuk prioritas global”.

“Nilai-nilai dan kepentingan kita bersama akan mendorong hubungan kedua negara yang lebih erat di tahun-tahun yang akan datang,” ucap Pompeo.

Dalam bagian akhir, Amerika Serikat menegaskan rasa bangganya atas hubungan bersejarah antara kedua negara dan menyampaikan harapan terbaik bagi rakyat Indonesia.

Sementara itu Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu sempat bertemu dengan Plt Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan dalam momentum ulang tahun hubungan diplomatik ke-70 pada beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu menekankan kemitraan yang tetap kuat dan hubungan yang penting antara kedua kementerian.

Pernyataan ini menegaskan kembali mekanisme dan kesepakatan yang kuat yang tertuang di dalam Pengaturan Kerangka Kerja Tentang Kegiatan Kerjasama di Bidang Pertahanan pada 2010, dan Pernyataan Bersama Tentang Kerjasama Pertahanan Komprehensif pada 2015.

Pernyataan ini menegaskan keinginan kuat kedua negara untuk terus memperkukuh kemitraan pertahanan untuk menghadapi tantangan regional dan global, demikian keterangan pers yang diterima dari Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Kamis 30 Mei 2019.

Hubungan militer Indonesia-AS yang kuat dan teguh terbentuk dan dilandasi oleh prinsip-prinsip kesetaraan, timbal balik, hormat terhadap aturan dan norma internasional, hormat terhadap integritas dan kedaulatan teritorial, dan tercapainya kepentingan bersama.

Indonesia dan Amerika Serikat juga berkomitmen menjaga karakteristik kerjasama yang demikian, pembahasan yang jujur, dan pembagian informasi yang dapat memperdalam kepercayaan sehingga memungkinkan terjalinnya kerjasama yang erat untuk mengatasi tantangan keamanan bersama.

Kedua pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka untuk memperkuat program-program pelatihan bilateral yang kukuh dan sudah berjalan guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan interoperabilitas.

Kedua kementerian menekankan dukungan terhadap perluasan pelatihan antarkedua Angkatan Darat tahun depan, melalui normalisasi hubungan pasukan khusus Angkatan Darat mulai 2020 dengan Pelatihan Terpadu Bersama bersama KOPASSUS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *