Internasional

Pemerintah Jepang Persiapkan Evakuasi Jelang Badai Jebi

Warga Jepang bersiap hadapi Badai Jebi. (Foto: AFP).

Tokyo: Pemerintah Jepang tengah melakukan persiapan evakuasi jelang terpaan Badai Jebi. Badai ini dianggap yang terkuat oleh banyak ahli meteorologi.

Beberapa wilayah, salah satunya di Nagato, Prefektur Yamaguchi telah mengevakuasi sekitar 27 ribu warganya pada Sabtu lalu. Evakuasi dilakukan setelah badai hujan deras yang tidak menyebabkan banjir di wilayah tersebut.

Badai Jebi sebenarnya masih berada beberapa ratus kilometer di sebelah selatan Jepang. Namun, menurut Accuweather, badai ini berputar ke utara dengan kecepatan angin mencapai 26 kilometer per jam.

Para pejabat juga telah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi ke daerah-daerah di Jepang yang berpotensi banjir bandang.

Dilansir dari laman Sputnik, Senin 3 September 2018, Badai Jebi sudah terjadi selama 24 jam terakhir. Badan Meteorologi Jepang memperkirakan badai akan melakukan pendaratan pertamanya di Honshu pada Selasa pagi.

"Badai ini mempertahankan kekuatannya yang sangat kuat, topan diperkirakan akan mendekati Jepang barat dan timur," kata agensi tersebut.

Curah hujan di Jepang pada Juli lalu sangat tinggi dan menyebabkan banjir serta tanah longsor. Akibatnya, sekitar 220 orang tewas di wilayah Chugoku, termasuk Hiroshima, Okayama, Shimane, Tottori dan prefektur Yamaguchi.

Diduga wilayah yang sama akan menanggung serangan Badai Jebi ini.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close