Pemerintah Perpanjang PPKM, Jabodetabek Masih Level 3, Ini Sebabnya

  • Whatsapp
Ilustrasi PPKM

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Pulau Jawa-Bali selama dua pekan, yang berlaku mulai 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jumlah daerah yang masih PPKM Level 3 mencapai 107 daerah.

Berita Lainnya

“Level 2 ke Level 3 itu bertambah dari 84 kabupaten kota menjadi 107 kabupaten kota, karena mereka belum mampu menambahkan jumlah capaian vaksinasi,” kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (4/10/2021).

Luhut menyebut, 20 kabupaten/kota yang masih bertahan di level 2. Kabupaten/kota tersebut didominasi oleh daerah yang berada di wilayah aglomerasi Semarang Raya dan Solo Raya.

Sedangkan untuk wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) masih bertahan di level 3. Penyebabnya, vaksinasi masih rendah.

“Aglomerasi Jabodetabek belum turun karena ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Bekasi masih kurang vaksinasinya,” kata Luhut.

Untuk mempercepat vaksinasi di wilayah aglomerasi Jobodetabek, kata Luhut, pemerintah akan memasuk dua juta dosis vaksin dan akan segera disuntikan selama dua pekan ke depan.

“Ada dua juta vaksin yang akan kita suntikan dalam waktu minggu-minggu depan,” kata Luhut.

Sedangkan untuk kabupaten/kota di wilayah Jawa-Bali nonaglomerasi, Luhut mencatat terdapat tiga kota yang berhasil turun ke level 2 yaitu Kota Cirebon, Kota Banjar, dan Kota Madiun.

Lebih lanjut, Luhut mengingatkan bahwa pemerintah menambah satu indikator untuk menentukan level PPKM suatu daerah, yaitu cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia). [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *