Pemerintahan

Pemerintah Siapkan Pesawat Khusus Untuk Suplai Makanan Korban Gempa di Palu

Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulteng, Minggu (30/9) siang. (Foto: BPMI Setpres)

Guna membantu mendistribusikan suplai air dan makanan yang saat ini sangat dibutuhkan korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), pemerintah akan menyiapkan pesawat khusus.

“Hal ini mengingat kondisi bandara yang belum bisa beroperasi secara normal,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan saat meninjau Pantai Talise, di Kota Palu, Minggu (30/9) siang.

Dijelaskan Presiden, karena Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Kota Palu, masih darurat dan belum bisa didarati secara normal, maka pemerintah akan menyiapkan pesawat khusus supaya makanan yang akan dibagikan kepada korban gempa bisa masuk.

Saat berbincang dengan warga di Pantai Talise, masyarakat mengkhawatirkan perihal surat-surat penting yang hilang, Presiden Jokowi meminta masyarakat agar melapor terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang.

“Nanti lapor dulu ke kepolisian. Dua minggu saya ke sini lagi untuk memastikan,” ujar Kepala Negara.

Presiden menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk memperbaki fasilitas publk yang terdampak gempa dan tsunami. Ia meyakinkan, proses rekonstruksi dan rehabilitas  akan dilakukan setelah tahapan evakuasi selesai.

“Termasuk jembatan yang ambruk, rumah sakit yang rusak, bandara yang rusak, sekolah rusak, dikerjakan pemerintah,” tegas Presiden Jokowi. (BPMI Setpres/ES)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close