Pemerintah Dinilai Tidak Serius Tangani kebakaran Hutan DI Kalimantan dan Sulawesi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan( Karhutala) di Sulawesi dan Kalimantan. Anggota DPR terpilih Partai Demokrat H. Irwan mengatakan, sampai saat ini upaya pemerintah belum maksimal. Kebakaran hutan masih belum bias teratasi.

“Prihatinnya, upaya pemerintah terlihat belum maksimal. Daripemerintah pusat dan daerah seperti ada putus koordinasi. Di mana keseriusanpemerintah daerah juga patut dipertanyakan untuk mencegah Karhutla termasukbiaya pencegahan dan pemadamannya,” ujar Irwan dalam keterangantertulisnya, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga:

Irwan menambahkan, kebakaran hutan selalu saja terjadi tiap tahunnya. Padahal pelarangan pembakaran lahan itu sudah jelas diatur dalam undang-undang. Namun, faktanya karhutla tidak dapat dikurangi.

“Harusnya dengan ketiga UU itu maka Karhutla di negarakita sudah bisa dikurangi bahkan dihilangkan tetapi faktanya tiap tahunnyaterus berulang dan ada korban jiwa, kerusakan lingkungan hidup dan hutan sertakerugian biaya. Presiden RI tentunya diharap turun tangan langsung mengatasikejadian ini,” tuturnya.

Pemicu karhutla bukan hanya dari perbuatan masyarakat perseorangan saja. Tapi juga bisa karena faktor perbuatan dari suatu perusahaan.Terutama pola land clearing atau proses pembersihan lahan yang menggunakan cara lama yakni dengan membakar pepohonan. Untuk itu, Irwan berharap pemerintah turun langsung dengan menindak perusahaan yang masih sengaja membuka lahan dengan melakukan pembakaran.(pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *