Pemilihan Wabup Bekasi Tidak Ada Ijin dari Pemerintah, Kemendagri: Ini Preseden Buruk

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemilihan Wakil Bupati (wabup) Bekasi yang terkesan dipaksakan telah selesai dilaksanakan oleh panitia pemilihan (Panlih), di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Rabu (18/3/2020).

Pada pemilihan yang tidak dihadiri oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja beserta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut, Akhmad Marjuki meraih 40 suara. Sedangkan Tuti Nurcholifah Yasin tidak mendapat satupun suara.

Berita Lainnya

Pemilihan Wabup Bekasi sisa jabatan 2017-2022 ini diikuti 40 anggota DPRD. Sedangkan 10 orang lainnya tidak hadir. Tujuh anggota dewan yang tidak hadir berasal dari Fraksi Golkar, satu orang dari Fraksi PKS, satu orang dari Partai Nasdem dan satu orang lagi dari PBB.

Selain itu, Tuti Nurcholifah Yasin yang ditetapkan sebagai salah satu kandidat Wabup Bekasi oleh Panlih tidak hadir pada saat pemilihan.

Pelaksanaan pemilihan Wabup Bekasi ini sempat diminta untuk ditunda oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Dalam Negeri. Alasannya, karena ada beberapa tahapan yang terlewatkan.

Ketua Fraksi Golkar Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja menganggap paripurna pemilihan seperti dagelan (lawakan) dan penuh rekayasa. Sehingga seluruh anggota Fraksi Golkar memutuskan tidak hadir pada pemilihan tersebut.

“Partai Golkar adalah partai yang mengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi. Keduanya merupakan kader dari partai kami. Tapi Fraksi Golkar tidak diberi ruang untuk berbicara. Bahkan Panlih malah bekerja lebih cepat dari partai pengusung. Kok jadi mereka yang lebih repot dari kami. Ada apa dengan Panlih?,” katanya.

Asep mengatakan, berdasarkan Peraturan DPRD Kabupaten Bekasi Nomor 2 Tahun 2019 Pasal 42 secara jelas menyebutkan dokumen persyaratan calon Wabup Bekasi yang harus terpenuhi dan harus diverifikasi. Namun, kedua calon wakil bupati belum menyerahkan dokumen persyaratan tapi langsung ditetapkan sebagai kandidat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *