Pilpres

Pilpres 2019, Survei dan Quick Count Konsepindo Tak Meleset Dari Rekapitulasi KPU

Pasca penetapan rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara nasional pada Selasa (21/5/2019) dini hari tadi, dinilai tak mengagetkan publik.

Pasalnya, hasil akhir rekapitulasi KPU sejak jauh hari hasilnya telah diprediksi oleh berbagai lembaga survei melalui exit poll dan quick count. Salah satunya quick count yang dilakukan oleh lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) Research & Consulting.

Direktur Eksekutif Konsep Indonesia (Konsepindo) Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman menyatakan, kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin sudah diprediksi jauh hari melalui berbagai survei, exit poll dan quick count.

Artinya, prediksi melalui exit poll dan quick count hasilnya tidak meleset atas kemenangan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dari rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Penetapan rekapitulasi tadi pagi dini hari itu tidak mengagetkan dan merupakan hal yang wajar. Kemenangan Jokowi – Ma’ruf sudah diprediksi jauh hari melalui berbagai survei, exit poll dan quick count,” terang Veri Arifuzzaman, Selasa (21/5/2019).

Kendati begitu, Veri berujar, atas penetapan rekapitulasi secara nasional itu dinilai merupakan salah satu keberhasilan para penyelenggara pemilu dalam melaksanakan tugasnya merampungkan kontestasi lima tahunan.

“Pemilu merupakan kontestasi rutin lima tahunan, kita patut apresiasi para penyelenggara pemilu yang telah berhasil menjalankan pemilu dengan lancar. Namanya kontes pasti ada yang menang dan ada yang kalah, biasa saja. Karena itu yang menang jangan jumawa dan yang kalah harus legawa,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pasca penetapan hasil rekapitulasi tidak memutuskan hubungan antara pemilih kubu 01 dan kubu 02 kembali terpecah. Sebab, kata Veri, seluruh pemilih bisa kembali menjadi rakyat Indonesia yang dipimpin oleh seorang Presiden terpilih.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close