Pemimpin Dunia Sampaikan Penghormatan untuk Kofi Annan

  • Whatsapp
Kofi Annan bersama istrinya, Nane. (Foto: AFP)

New York: Para pemimpin global menyampaikan penghormatan terakhir untuk mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan yang meninggal dunia di usia 80 tahun.

Sekjen PBB saat ini, Antonio Guterres, menilai Annan sebagai "kekuatan pemandu kebaikan." Presiden Putin menyebutnya sebagai "orang yang luar biasa."

Muat Lebih

"Memori Annan akan selamanya hidup di hati warga Rusia," tutur Putin, seperti dikutip dari BBC, Minggu 19 Agustus 2018.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut Annan selama ini selalu berusaha keras untuk memujudkan "dunia yang lebih baik" bagi semua orang.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan "dunia tidak hanya kehilangan diplomat hebat dari Afrika, tapi juga seorang penjaga perdamaian dan keamanan internasional."

PM Inggris Theresa May turut berduka atas berpulangnya Annan. Menurut PM May, Annan telah berhasil menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik dibandingkan saat kondisi ketika dirinya lahir.

Baca: Menlu RI Berduka atas Berpulangnya Mantan Sekjen PBB Kofi Annan

Annan lahir di Ghana, dan menjadi Sekjen PBB mulai dari 1997 hingga 2006. Dia adalah satu-satunya pria kulit hitam pertama Afrika yang memegang jabatan tersebut.

Setelah Sekjen PBB, Annan menjadi utusan khusus untuk konflik Suriah dan juga bagian dari tim investigasi dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

Diplomat karier itu meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Swiss. Annan telah tinggal di Jenewa dalam beberapa tahun terakhir.

"Dia meninggal dunia dengan damai pada Sabtu akibat sebuah penyakit," tutur Yayasan Kofi Annan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *