Internasional

Pemimpin ISIS Dikabarkan Menyusup ke Afghanistan

Pemimpin kelompok teroris ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi. (Foto: AFP)

Kabul: Berkali-kali dikabarkan telah tewas, kini pemimpin kelompok teror Islamic State (ISIS)Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan berhasil masuk ke Afghanistan melalui Iran.
 
Al-Baghdadi diyakini telah mencapai di Provinsi Nangarhar, timur ibu kota Kabul, yang berbatasan dengan Pakistan.

"ISIS menyewa sebuah lokasi untuk tempat Al-Baghdadi bekerja sama dengan Korps Garda Revolusi Iran," kata seorang sumber yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Middle East Monitor, Jumat 28 September 2018.

Diperkirakan, Al-Baghdadi sengaja kabur ke Afghanistan untuk menghindari operasi yang akan diluncurkan pasukan Suriah yang didukung Amerika Serikat, pekan ini.

Baca: Pemimpin ISIS Rilis Rekaman Audio di Hari Raya Iduladha

Operasi ini adalah operasi lanjutan untuk membersihkan Suriah bagian tenggara dari cengkeraman ISIS, terutama yang berbatasan langsung dengan Irak.

Kemunculan Al-Baghdadi terakhir kali adalah saat Hari Raya Iduladha 22 Agustus lalu. Baghdadi muncul dalam bentuk rekaman audio yang menyerukan jihad bagi umat Islam.

"Mereka yang melupakan agama mereka, harus berjihad. Jangan sampai kita dipermalukan," kata Baghdadi dalam rekaman audio tersebut.

Baghdadi juga menyebut soal janji Arab Saudi yang akan memberikan sumbangan dana sebesar USD100 juta untuk pembangunan wilayah timur laut Suriah.

Ia juga sempat mengancam AS dan Rusia yang melancarkan serangan terhadap ISIS. Ia mengancam, para militan telah menyiapkan teror mengerikan untuk mereka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close