Internasional

Pemimpin Korsel-Korut akan Kembali Bertemu

Beberapa orang melihat foto pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un. AFP/Jung Yeon-je

Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan kembali bertemu untuk ketiga kalinya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Selasa, 18 September 2018. Kedua pemimpin berupaya membuat terobosan dalam pembicaraan nuklir yang goyah antara Pyongyang dan Washington.

Pertemuan puncak antar-Korea itu akan menjadi uji coba bagi pertemuan berikutnya, yang baru-baru ini diusulkan Kim kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Pertemuan pemimpin dua Korea akan memberikan tanda apakah Kim serius soal penghapusan senjata nuklir. Kim membuat komitmen terkait denuklirisasi itu pada pertemuan pertamanya dengan Trump pada Juni di Singapura.

Trump telah meminta Moon untuk menjadi 'ketua juru runding' antara dirinya dan Kim. Permintaan itu muncul setelah Trump bulan lalu membatalkan kunjungan menteri luar negeri AS ke Pyongyang.

"Saya ingin melakukan dialog yang jujur dengan Ketua Kim soal bagaimana menemukan titik kontak antara tuntutan-tuntutan untuk denuklirisasi serta tuntutan Korea Utara agar hubungan penuh permusuhan dihentikan dan keamanan dijamin," kata Moon dalam acara jumpa pers seperti dilansir Antara, Senin, 17 September 2018.

Kepala Staf Moon, Im Jong-seok mengatakan, kunjungan Moon ke Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang, dijadwalkan mendarat pada pukul 10.00 waktu setempat. Rencananya Moon akan disambut Kim sebelum upacara penyambutan resmi dilangsungkan.

Kedua pemimpin akan duduk bersama untuk melakukan pembicaraan resmi setelah makan siang, yang akan dilanjutkan dengan penampilan musik dan jamuan makan malam.

Pada Rabu, 18 September 2018 Moon dan Kim diperkirakan akan mengungkapkan suatu pernyataan bersama dan perjanjian militer terpisah. Hal ini guna meredakan ketegangan hubungan serta mencegah perselisihan muncul.

Im menjelaskan, beberapa pemimpin perusahaan juga turut ikut dalam rombongan tersebut. 

"Para pemimpin perusahaan yang ikut dalam rombongan, termasuk Wakil Pemimpin Samsung Electronics Jay Y. Lee dan para kepala SK Group serta LG Group, akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Korea Utara Ri Ryong Nam, yang mengurusi masalah perekonomian," ungkap Im.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close