Pemkot Bogor Akan Tambah Dua Kecamatan Lagi

  • Whatsapp
Kantor Bupati Bogor

INDOPOLITIKA.COM – Asisten pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Hanafi mengatakan saat ini pemkot sedang mematangkan kajian pemekaran wilayah kecamatan, karena hasil kajian dari akademisi sudah rampung medio 2017.

“Dua kecamatan itu akan disatukan dulu kemudian dibagi menjadi empat kecamatan. Artinya, nanti ada satu kecamatan yang terdiri dari kelurahan-kelurahan yang saat ini terpisah tidak dalam satu kecamatan. Artinya bercampur. Itu alternatif kajiannya. Pertimbangan kita kan soal geografis dan mendekatkan pelayanan. Dalam kajian itu idealnya nanti ada delapan kecamatan di Kota Bogor. Tapi nggak melulu melihat jumlah kelurahan,” katanya, Kamis (17/10).

Baca Juga:

Hanafi juga mengungkapkan penambahan dua kecamatan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi warga Kota Bogor. Karena dengan jumlah wilayah enam kecamatan yang membawahi 68 kelurahan sudah kewalahan.

“Masyarakat mendukung karena semakin dekat pelayanan. Cuma terbentur aturan pas waktu itu kita bahas. Nah, sekarang kan sudah direvisi jadi PP Nomor 17 Tahun 2018, maka sekarang kita akan bahas kembali dengan DPRD,” ucapnya.

Setelah anggota dewan baru terpilih beserta kelengkapan DPRD, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) untuk melanjutkan pembahasan pemekaran kecamatan.

“Apakah rencana perda pemekaran ini masuk revisi kesepakatan yang disusun raperda dengan bapemperda, bisa pada 2019 atau 2020. Yang jelas nggak mungkin dalam APBD-P 2019 ini. Sudah pendek waktu,” pungkasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *