Internasional

Pemkot Seoul Sumbang Rp1,5 Miliar untuk Sulteng

Wali Kota Seoul Park Won Soon ketika bertemu dengan Dubes RI untuk Korsel Umar Hadi. (Foto: Dok. KBRI Seoul)

Seoul: Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan memberikan donasi sebesar USD100 ribu untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Donasi ini diberikan dalam bentuk tunai.

Wali Kota Seoul Park Won Soon menyatakan, dana ini akan disalurkan melalui PMI untuk membantu para korban.

"Indonesia dan Korsel memiliki hubungan spesial, salah satunya kerja sama sister city Seoul-Jakarta. Untuk itu, kami siap untuk membantu apa saja yang diperlukan bagi penanganan pasca-bencana Sulteng," kata Park, dalam keterangan tertulis KBRI Seoul kepada Medcom.id, Selasa 9 Oktober 2018.

Selain itu, Park juga menyampaikan langsung surat ucapan simpati dan belasungkawa yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo. Surat ini dititipkan kepada Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi.

Dubes Umar mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Seoul. "Upaya rehabilitasi pasca-bencana saat ini terus berlangsung. Tahap setelah rehabilitasi adalah rekonstruksi," ucap dia.

Lebih lanjut Dubes Umar juga  berharap kota Seoul dapat turut membantu rekonstruksi wilayah yang terdampak gempa-tsunami dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki kota Seoul. 

Sebelumnya, Pemerintah Korsel juga sudah memberikan dana bantuan sebesar USD1 juta, 130 unit tenda serta fasilitas dua pesawat Herculies C-130.

Keprihatinan masyarakat Korsel terhadap bencana yang merenggut lebih dari 1.500 jiwa ini juga di sampaikan berbagai elemen masyarakat, baik individu, media, kalangan dunia usaha maupun dari berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close