Pemkot Tangsel Miliki Alat PCR Sendiri, Warga Tangsel Bisa Tes Swab Gratis

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah memiliki alat test Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri, alat tersebut biasa digunakan sebagai alat swab test untuk mendeteksi virus COVID-19.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menerangkan, saat ini alat PCR tersebut masih dalam tahap proses perizinan dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Berita Lainnya

“Jadi kita sudah punya alat sendiri PCR-nya, Alhamdulillah sudah kita simpan di Labkesda. Sekarang posisinya sedang mendapat perizinan dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Jadi mudah-mudahan bisa segera digunakan,” ujar Airin di Pool Teknologi Indonesia (PTI), Serpong, Tangsel, Jumat (24/7/2020).

Airin mengatakan swab test gratis oleh Pemkot Tangsel tersebut dapat dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2020, namun swab test gratis tersebut hanya dapat dinikmati oleh warga Tangsel saja.

“Pada intinya untuk masyarakat Tangsel, ber-KTP Tangsel, enggak ada biayanya, gratis. Biaya ditanggung oleh kita. Akhir Juli ini sudah keluar proses izinnya,” kata Airin.

Diketahui, swab test dapat mendeteksi virus Covid-19 dengan lebih akurat dibanding rapid test, karena swab test mengambil sampel melalui lendir yang ada di hidung, tempat virus COVID-19 bersarang pada sistem pernapasan. Berbeda dengan rapid test yang menggunakan sampel darah yang diambil dari ujung jari tangan.

Untuk melakukan swab test sendiri biasanya memang dihargai lebih mahal ketimbang rapid test sekitar Rp1.600.000 hingga Rp2.400.000. [adv]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *