Pemkot Tangsel Siapkan Rp 80 Miliar untuk Pilkada 2020  

  • Whatsapp
Pemkot Tangsel dan Bawaslu saat teken NPHD Pilkada 2020. /Foto/ist

INDOPOLITIKA.COMPemerintah Kota Tangerang Selatan harus menyediakan anggaran lumayan besar untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 mendatang. Dana itu nantinya diperuntukan untuk KPU selaku penyelenggara, Bawaslu dan keamanan. Total sementara Rp 80 miliar dan kemungkinan bisa membengkak jika saja dana untuk PSU disetujui.

KPU sendiri sejauh ini sudah fix mendapatkan kucuran dana senilai Rp 60,5 miliar. Namun angka ini belum termasuk untuk kondisi “darurat” Pemungutan Suara Ulang (PSU). Kalau ada PSU, KPU bisa mengusulkan tambahan lagi hingga total Rp 85 miliar sesuai diajukan sebelumnya.

Baca Juga:

“Surat dari Kemenkeunya belum keluar. Jadi kan secara aturan belum bisa ditampung (Rp 85 miliar). Tapi sudah sampai ke Pemkot,” tambahnya.

Sementara terkait dana PSU, kata Bambang, rekomendasi dari KPU RI meminta KPU ditingkat daerah sementara tidak menganggarkan dana untuk PSU. “Kalau pun nanti ada itu (PSU) dibicarakan ulang,” jelas Bambang.

Terpisah, Kepala Bagian Perencanaan Polres Tangsel, Komisaris Hasadungan Damanik saat ditemui di  Gedung Balaikota mengatakan, pihaknya mengusulkan anggaran Rp 6,0 miliar lebih untuk pengamanan. “Usulan kami Rp6,9 miliar lebih,” ungkapnya.

Menurutnya, dana usulan di atas untuk honor petugas yang dikerahkan selama tahapan Pilkada Tangsel 2020 dilaksanakan. Damanik mencontohkan, tepat pada hari pemungutan suara dikerahkan sebanyak 884 personel gabungan. Seperti dari Satuan Sabhara sebanyak 5 kompi, dan Brimob 2 kompi. Pengerahan petugas keamanan ini, lanjutnya, juga didatangkan bantuan personel atau BKO dari Polda Metro Jaya. “Kami maunya aman,” tegas Damanik.

Sementara Ketua Bawaslu Tangsel Muhamad Acep mengatakan, pihaknya mendapatkan anggaran senilai Rp 12,6 miliar. Dan kembali mengusulkan tambahan sebesar Rp 3 miliar sehingga totalnya Rp 12,9 miliar. “Kemarin itu mengajukan penambahan anggaran dari Rp 12,3 menjadi Rp12,9 miliar,” ungkapnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *