Pemprov DKI Gandeng BSSN untuk Sertifikasi Elektronik SIKM, Pemalsunya Diancam Denda Rp12 Miliar

  • Whatsapp
Petugas Lantas Polda Metro Jaya sedang memeriksa dan memberikan imbauan kepada pengendara motor untuk memakai masker (sumber: Twitter TMC PMJ)

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan setiap warga memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk keluar masuk wilayah Jakarta. Namun jika ada pihak-pihak yang nekat melakukan pemalsuan pembuatan SIKM, diancam dikenakan hukuman denda maksimal sebesar Rp12 miliar atau penjara paling lama selama 12 tahun.

Pemprov DKI sendiri telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan sertifikasi elektronik (Certification Authority) terhadap output izin dan nonizin guna memastikan pertukaran informasi yang efisien dan aman.

Bacaan Lainnya

“Pemalsuan surat atau manipulasi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dapat dikenakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun penjara; dan/atau Pasal 35 dan Pasal 51 ayat 1, UU ITE No 11 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp12 miliar,” dikutp dari laman corona.jakarta.go.id, Selasa (26/5/2020).

Sebagai informasi, dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, bahwa SIKM dapat diperoleh melalui laman resmi corona.jakarta.go.id atau bit.ly/SIKMJABODETABEK.

Mereka yang diizinkan untuk keluar-masuk wilayah DKI Jakarta hanya yang termasuk 11 sektor dikecualikan seperti bidang kesehatan, keuangan, logistik, industri strategis, bahan pangan, energi, perhotelan, konstruksi,komunikasi dan teknologi informatika, pemenuhan kebutuhan sehari-hari, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional dan objek tertentu.

Bagi anda yang ingin membuat SIKM, anda dapat membuka https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta dan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan. Selain itu anda juga harus melengkapi beberapa syarat untuk mendapatkan SIKM ini. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *