Pemprov DKI Kembali Raih Penghargaan Transportasi Dunia di Washington DC

  • Whatsapp
Transjakarta

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali meraih penghargaan dari dunia internasional atas prestasinya di bidang transportasi.

Komite Sustainable Award (STA) secara resmi menganugerahkan Jakarta, Indonesia sebagai Honorable Mention dan Pune, India sebagai kota pemenang Sustainable Transport Award 2020 atas usaha kedua kota ini dalam mengimplementasikan transportasi berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Malam penganugerahan STA 2020 diselenggarakan di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa, 14 Januari 2020 (waktu setempat), dalam sebuah seremoni di mana delegasi dari kedua kota hadir menerima penghargaan tersebut.

Sri Haryati, yang mewakili Pemprov DKI dalam sambutannya menyatakan, bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, warga Jakarta dan pihak swasta.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ungkap Sri.

Jakarta mendapat penghargaan Honorable Mention, selain kenaikan jumlah penumpang Transjakarta yang fantastis, Jakarta juga dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan tambahan  opsi moda angkutan umum bagi warga Jakarta.

Jakarta juga berhasil meningkatkan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan pelbagai moda.

Jakarta  masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan. Kenaikan jumlah penumpang Transjakarta, integrasi antarmoda serta pembangunan fasilitas pejalan kaki, menjadikan Jakarta memenuhi kriteria untuk dapat masuk nominasi STA 2020.

Jakarta mengalahkan 12 kota yang masuk nominasi dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya.

Dalam prosesnya, Jakarta melesat masuk ke dalam tahap semi-final hingga akhirnya menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).

Di tahun 2019, DKI Jakarta juga meraih penghargaan ajang yang sama, yakni Sustainable Transport Award (STA) 2019 yang digelar pada Juni 2019 di Forteleza, Brazil.

STA adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *