Pemprov DKI Resmi Terapkan Ganjil Genap, Khusus Disabilitas Tidak Berlaku  

  • Whatsapp
Seorang petugas kepolisian dengan sabar memperlihatkan papan sosiliasasi kawasan ganjil genap.

INDOPOLITIKA- Setelah sebulan melalui rangkaian uji coba, Pemprov DKI Jakarta resmi menetapkan 16 ruas jalan sebagai kawasan ganjil genap. Penerapanya dimulai pada Senin, (9/9) besok. Namun, untuk kendaraan yang membawa penyandang disabilitas nantinya, akan diberikan stiker khusus.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, untuk stiker disabilitas yang sudah diterbitkan ada 231 stiker. Sedangkan yang masih dalam proses pengajuan berjumlah 125. Lamanya proses pengajuan ini sebelum memberikan persetujuan mencetak stiker khusus maksimal tiga hari.

Baca Juga:

Sejak 7 Agustus lalu, jelas dia, pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai tata cara mendapatkan stiker terbebas aturan ganjil genap bagi penyandang disabilitas. “Stiker akan kita berikan jika yang bersangkutan (penyandang disabilitas, red) mengalami kendala saat mengakses angkutan umum di Jakarta,” jelasnya, Sabtu (7/9).

 

 

Disebutkan Syafrin, stiker khusus diberikan dengan catatatn, penyandang disabilitas yang dimaksud benar-benar memiliki kendala. Sebaliknya, jika tidak memiliki hambatan, akan dikenakan sangsi penilangan dibantu jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya.

“Kita tidak akan memberikan stiker jika tidak ada permohonan, karena sistem angkutan umum Trans Jakarta saat ini juga sudah memberikan fasilitas terhadap masyarakat kaum disabilitas untuk dapat dengan mudah mengakses,” ujar Syafrin.

Ganjil-genap berlaku pada Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional, pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Kendaraan dengan nomor pelat ganjil beroperasi pada tanggal ganjil, sedangkan kendaraan dengan nomor pelat genap beroperasi pada tanggal genap.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *