Daerah

Pemprov Sumsel Siap Gelontorkan APBD untuk Dukung Pengembangan Poltekpar Palembang

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mendukung penuh pengembangan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang agar semakin maju termasuk pendanaan untuk kemajuannya Pemerintah Provinsi Sumsel akan mendukung penuh melalui APBD Provinsi Sumsel.

“Kalau kita bicara pariwisata yakni bagaimana menjadikan pariwisata Sumsel sebagai nilai ekonomi yang dapat membantu perekonomian masyarakat Sumsel. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus mendorong kemajuan Poltekpar Palembang,” Ungkap Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya saat menghadiri General Studium T.A. 2019-2020 Poltekpar Palembang dengan tema “Pariwisata Berdampak pada Ekonomi Sumsel” di Auditorium Politeknik Pariwisata Palembang Komplek Jakabaring Sport City, Senin (12/8/2019).

“Sudah saya sampaikan pada kata sambutan tadi bahwa sebelum kesini saya berjumpa dengan bapak Gubernur Herman Deru. Pesan beliau prinsipnya Pemerintah Provinsi Sumsel akan mendukung untuk kemajuan Potekpar Palembang,” kata Mawardi Yahya saat diwawancarai awak media.

Lanjut Mawardi Yahya, setiap tahunnya Poltekpar Palembang mendapat bantun dari Kementerian Pariwisata sebesar Rp. 200 Milyar setiap tahunnya. Menurutnya, jika memang diperlukan penambahan akan dibantu melalui APBD Provinsi Sumsel untuk mencukupi hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan Poltekpar palembang.

“Satu hal yang tidak kalah pentingnya yakni bagaimanapun Poltekpar ini dengan profesionalnya tidak akan bisa maju dan bermanfaat apabila tanpa integritas dan kejujuran. Ini yang saya pesankan di Poltekpar Palembang ini,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap mengatakan, peran Pemerintah Provinsi Sumsel terhadap Poltekpar Palembang sangat besar dukungannya. Dilihat dari komitmennya yang telah menyediakan lahan terhadap pembangunan Poltekpar Palembang melalui hibah sebanyak 20,33 Hektare untuk mendirikan kampus dan pembangunan fisik lainnya.

“Dukungan Pemerintah Provinsi ini kalau saya sebutkan seratus persen itu kurang, karena bahkan lebih dari seribu persen,” ujarnya.

Zulkifli menambahkan, untuk penyelenggaraan pendidikan, Kementerian Pariwisata memberikan dana untuk operasional pendidikan. Namun, seperti apa yang disampaikan Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel juga akan tetap memberikan dukungan dana yang dibutuhkan atau berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di Sumsel.

“Kami telah melakukan program-program diseluruh kabupaten dan kota terbukti bahwa mahasiwa kamipun berasal dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Ada 300 mahasiswa baru yang diterima ditahun ajaran baru ini. Bahkan, tidak hanya berasal dari Provinsi Sumsel, melainkan juga dari daerah lain seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bangka Belitung dan lainnya,” terangnya.

Selain itu, Lanjut Zulkifli, Poltekpar Palembang telah bekerjasama dengan sejumlah pemda didaerah diantaranya Kabupaten OKU Selatan untuk menggarap Danau Ranau sebagai destinasi olahraga air sehingga nantinya dapat dilaksanakan event nasional maupun internasional.

“Jadi, adanya Poltekpar Palembang ini adalah bentuk dukungan kongkrit dari Kementerian Pariwisata untuk pengembangan pariwisata di daerah Sumatera selatan,” pungkasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close