Pemudik Moda Transportasi Kereta Api Meningkat Pada Musim Lebaran 2019

  • Whatsapp
Kereta Api (ist)

Dalam data Direktorat Jenderal Pehubungan Kereta Api Kementerian Perhubungan mulai H-7 hingga H+7 ada peningkatan jumlah penumpang mencapai 5.115.104 pada 2019. Angka itu menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 343.779 penumpang dibandingkan pada musim Lebaran 2018.

Pemaparan hasil evaluasi arus mudik dan balik terkait angkutan kereta api disampaikan Dirjen Perhubungan Kereta Api Kemenhub Zulfikri dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang bertajuk “Evaluasi Mudik 2019” dan bertempat di Ruang Rapat Utama, Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca Juga:

Dan untuk menciptakan kelancaran mudik tersebut, Zulfikri mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah langkah, khususnya terkait performasi perjalanan kereta api. Yakni, melakukan percepatan penyelesaian pekerjaan pembangunan dan melakukan peningkatan kualitas perawatan sarana dan prasarana.

“Walau begitu, ada fenomena perjalanan kereta api pada masa angkutan lebaran 2019 masih mengalami rata-rata keterlambata berangkat sebesar 2,4 menit dan rata-rata keterlambatan datang sebesar 14 menit,” tuturnya.

Keterlambatan tersebut, menurut Zulfikri, disebabkan beberapa hal. Antara lain, sambung dia, adanya anjlokan di Nagrek, pembatasan kecepatan jalur KA pada beberapa lokasi pembangunan, dan gangguan sarana.

“Ada penggerjaan pembangunan double track sehingga ada beberapa spot yang dibatasi kecepatannya,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *