Pemulihan Masyarakat Terdampak Becana Tak Harus Berfokus Pada Infrastruktur

  • Whatsapp
Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah mengatakan pemulihan setelah terjadi bencana tak harus berfokus kepada pembangunan infrastruktur tapi juga untuk memulihkan perekonomian masyarakat terdampak.

“Pemulihan bukan hanya masalah infrastruktur, membangun rumahnya saja, tapi termasuk penghidupan. Permukiman dan livelihood, mata pencaharian di bidang sosial ekonomi,” ujar Harmensyah di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

BACA JUGA:

Bencana, lanjut Harmensyah, tak cuma menghancurkan kawasan permukiman. Bencana juga menghancurkan toko dan pasar yang menopang perekonomian sebuah daerah. Tak jarang banyak masyarakat yang kesulitan bertahan setelah bencana karena sektor ekonomi tak kunjung pulih.

“Masyarakat terdampak bencana ekonominya pasti hancur dan turun, malah di bawah titik nadir. Yang miskin tambah miskin, yang kaya jadi miskin itu bukti yang ada di lapangan,” tegasnya.

Kendati demikian, Harmensyah pun berharap agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat kabupaten/kota dapat menjalankan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di bidang sosial ekonomi secara cepat, inovatif, unggul, dan terukur.

Harmensyah menambahkan, cara efeketif yang dapat dilakukan BNPB atau BPBD untuk memetakan kebutuhan sosial ekonomi dan tumbuh kembang e-commerce berbasis IT, terutama pada kelompok usaha hasil pendampingan ekonomi.

“Jadi bukan hanya membangun rumah, tapi kita melihat bagaimana tumbuh dengan cepat ekonomi produktif masyarakat, persoalan sosial masyarakat itu menjadi pertimbangan bagi kita,” tandasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *