Peneliti Tiongkok Kembangkan Sistem Deteksi Portabel Kasus Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Para peneliti Tiongkok telah mengembangkan sistem deteksi portabel untuk kasus yang diduga sebagai COVID-19.

Sistem yang dikembangkan oleh tim peneliti dari School of Precision Instrument and Opto-Electronics Engineering of Tianjin University, bersama sejumlah perusahaan tersebut dapat mendeteksi kasus yang diduga Covid-19 dengan cepat, sehingga bisa dilakukan pemantauan data dan peringatan dini segera.

Bacaan Lainnya

Melansir laman Xinhua News, sistem ini memiliki ukuran yang mirip tetikus komputer. Sistem ini terintegrasi secara internal dengan modul inti deteksi tepat dan memiliki akurasi deteksi setara dengan instrumen laboratorium besar.

Sistem ini juga dapat dengan cepat menguji darah pada jari seseorang dan mendeteksi apakah mereka terinfeksi suatu penyakit, virus atau tidak. Ada dua cara untuk mengetahui seseorang diduga menderita virus dari sistem ini.

Unit pendeteksi portabel dari sistem tersebut telah mendapat sertifikat pendaftaran perangkat medis dari Administrasi Produk Medis Nasional Tiongkok.

“Sistem ini dapat diterapkan di rumah sakit atau masyarakat, dan dapat menghindari infeksi silang yang disebabkan oleh pemeriksaan terpusat,” sebut Du Kang, seorang peneliti dari tim tersebut sekaligus dokter di School of Precision Instrument and Opto-Electronics Engineering.

Ia mengatakan peringatan dini platform cloud telah memenuhi kebutuhan manajemen pencegahan dan pengendalian penyakit, serta departemen manajemen darurat, seperti pengumpulan data dan statistik, pengawasan dinamis, layanan bimbingan, juga analisis keputusan.[asa]

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *