Penerbangan Komersil Resmi Dilarang Sejak 24 April Hingga 1Juni

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Penerbangan komersil baik untuk rute domestik maupun mancanegara resmi dilarang pemerintah. Kebijakan larangan penerbangan ini berlaku mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Namun tidak berlaku untuk cargo dan logistik.

“Sektor penerbangan udara saya sampaikan pertama larangan perjalanan dalam negeri dan luar negeri baik penerbangan terjadwal maupun maupun carter sejak 24 April hingga 1 Juni,” papar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dalam jumpa pers virtual, di Jakarta, kemarin.

Berita Lainnya

Menurutnya, penerbangan yang dikecualikan selain cargo dan logsitik adalah penerbangan lembaga tinggi negara, wakil kenegaraan organisasi internasional, penerbangan khusus pemulangan WNI atau WNA, penegakan hukum, pelayanan darurat petugas penerbangan, operasional kargo penting dan penerbangan atas seizin menteri dalam penanganan Covid-19.

“Untuk penerbangan angkutan medis, sanitasi dan logistik kesehatan bisa menggunakan penerbangan penumpang,” ujar Novie.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 25 tahun 2020, tentang pengendalian transportasi selama masa mudik tahun 1441 hijriah dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Peraturan Kemenhub tersebut mengatur larangan sementara penggunaan transportasi umum baik darat, laut dan udara , kereta api, kendaraan pribadi dan motor, dengan tujuan keluar atau masuk wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah penyebarang Covid-19. (rma)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *