CapresPemilu

Pengamat: Gagasan Bank Tani Jokowi Realistis

Indopolitika.com – Pengamat masalah pertanian Ahmad Bustami mengatakan, gagasan Jokowi agar dibentuk bank tani bukan isapan jempol belaka. Meski secara konsep sudah lama dikemukan, ia optmis gagasan itu akan menjadi nyata di tangan Jokowi.

“Jika terpilih, Jokowi pasti akan mendirikan bank tani. Ia berani dan terbukti kerap  melakukan ‘ijtihad’ kebijakan,” katanya di Jakarta, Rabu (30/04).

Keyakinan tersebut, lanjutnya, berangkat dari pembacaan karakter Jokowi yang bekerja atas dasar kebutuhan dan permasalahan warga. Jokowi bahkan lebih tertarik mengerjakan hal-hal mendasar meski dianggap tidak ‘keren’ dan ‘wah’.

“Jokowi itu tipe manajer. Ia akan pastikan gagasan itu tak sekadar jadi dokumen pembangunan,” ujarnya.

Menurut Bustami, konsep bank tani sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Banyak pakar, pengamat dan kelompok tani yang sudah mengusulkan didirikannya bank khusus tani. Tetapi, pemerintah seperti enggan dan merasa hal itu cukup dilayani oleh bank-bank BUMN yang ada.

Padahal, tambahnya, bank tani sangat penting dalam menyediakan permodalan bagi petani. Dengan demikian, kebutuhan seperti pupuk, bibit pertanian dan sejenisnya dengan mudah bisa diatasi.

“Dari dulu sampai sekarang petani terus mengeluh. Kebutuhan modal jadi masalah utama. Banyak di antara mereka yang dieksploitasi oleh rentener,” kata Bustami.

Sebelumnya, Jokowi melansir enam gagasan untuk membenahi sektor pertanian. Gagasan itu dikemukakan usai melakukan kunjungan ke daerah pertanian di Bogor, Jawa Barat (27/4). Antara lain: menjaga produktivitas lahan pertanian, pendampingan kepada petani, membangun infrastruktur pertanian, memelihara kualitas air untuk pertanian, penerapan teknologi tepat guna yang terjangkau oleh petani dan pendirian bank tani. (mhl/in/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close