Pengamat Ini Sebut Airlangga yang Didorong Golkar Nyapres Harus Punya Cara Baru, Jika Tidak Nasibnya Akan Sama Dengan ARB

  • Whatsapp
Airlangga Hartarto

INDOPOLITIKA.COM – Perhelatan pilpres 2024 terus menjadi perbincangan banyak kalangan. Itu karena Jokowi sudah tidak bisa maju lagi untuk berkontestasi, sementara Prabowo dipandang sudah tak lagi menarik untuk dipilih kecuali oleh massa solid partainya sendiri. Karena itulah perbincangan politik mengarah pada munculnya tokoh-tokoh baru dalam pilpres dan peluang para ketua umum (ketum) partai untuk maju menjadi sangat terbuka.

Diantara ketum partai yang sudah digadang-gadang untuk maju nyapres adalah Airlangga Hartarto, ketua umum Partai Golkar yang kini masih menjabat Menko Perekonomian di Kabinet Jokowi. Airlangga banyak disuarakan arus bawah Golkar terutama saat organisasi di level provinsi dan kabupaten kota sedang memggelar ritual politik berkala seperti belum lama dilaksanakan di Provinsi Banten.

Berita Lainnya

DPD Partai Golkar Provinsi Banten menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2021. Hal itu dilakukan dalam rangka memperkuat konsolidasi untuk menghadapi Pemilu serentak 2024. Rapat tersebut menargetkan kemenangan pemilihan presiden (pilpres), pemilu legislatif (pileg), dan pemilihan kepala daerah (pilkada). Di forum tersebut diteriakan yel-yel secara lantang, Airlangga Presiden, Andika Gubernur. Hal mana menunjukan dukungan peserta rapat kepada Airlangga Hartarto untuk maju dan menang di Pilpres 2024 dan juga Andika Hazrumy (kini Wakil Gubernur Banten) untuk maju dan menang di Pilgub Banten 2024 mendatang.

Peneliti pemilu Rachmayanti Kusumaningtyas menyampaikan, kemungkinan Airlangga Hartarto untuk maju di Pilres 2024 jelas tidak bisa dibantah. Walau namanya tidak sepopuler Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo namun posisinya sebagai Menko Perekonomian membuatnya terus bisa tampil di hadapan publik dalam banyak event. Yang jadi pertanyaan menurutnya adalah apakah Airlangga bisa menang dan menjadi Ketum Golkar pertama yang menjadi presiden RI.

“Kalau soal Pak Airlangga bisa ikut kontestasi di pilpres 2024 tentu saja bisa dan memungkinkan karena posisinya sebagai ketum partai dan menko tetapi kalau hanya maju saja dan jadi pemanis kontestasi, buat apa? Jadi harus segera deklarasi secara serius, membentuk tim lobby dan timses, menggalang dana dan mencari cawapres pendamping. Kalau hanya diletupkan di internal organisasi partai saja, resonansinya kecil. Ujungnya Pak Airlangga hanya sukses nyalon presiden bukan sukses jadi presiden,” demikian Rachmayanti menyampaikan pendapatnya kepada Indopolitika.com, Kamis (22/4/2021).

Ia menambahkan, Golkar adalah partai yang punya pengalaman masuk ke lingkar kekuasaan dan lihai menentukan arah politik penguasa, tetapi belum pernah tokoh Golkar memenangkan pilpres sejak ajang kontestasi itu pertama digelar. Empat pilpres melalui pemilihan langsung oleh rakyat yang telah digelar, semua dimenangkan oleh pemimpin atau kader partai lain. Tokoh Golkar yang maju seperti Wiranto, Jusuf Kalla tidak terpilih sebagai presiden bahkan Aburizal Bakrie yang menggunakan ikon ARB saat itu dan cukup heboh proses pencapresannya malah gagal mencalonkan diri dan akhirnya mendukung pasangan Prabowo – Hatta Rajasa.

Menurutnya pilpres 2024 adalah momentum paling tepat bagi Partai Golkar untuk membuktikan kader partainya bisa menjadi pemenang pilpres. Untuk itu diperlukan strategi yang jitu dan tim yang kreatif agar calon yang diusung Golkar bisa populer, diterima dan dipilih. Harus ada terobosan baru dan cara-cara yang memikat sehingga pemilih mau memberikan suaranya pada calon yang dari Golkar.

“Menurut saya Golkar harus membangun paradigma baru. Saatnya manggung, jangan suka di belakang layar. Belajar dari kekalahan Wiranto, Jusuf Kalla dan kegagalan ARB nyapres menjadi begitu penting. Nah, Pak Airlangga harus punya gaya baru, kalau mengulang skenario yang mirip dengan gaya ketiga tokoh Itu, ujungnya sama saja seperti mengukuhkan tradisi pemain belakang layar,” pungkasnya. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *