Pengamat Ini Sebut Preferensi Gubernur HD Untuk Kemajuan Sumsel Tak Terbantah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru membuktikan komitmennya untuk mengubah wajah Sumsel menjadi lebih baik melalui pemerataan pembangunan yang digagasnya. Hal ini seperti diungkapkan oleh Pengamat Kebijakan Publik Sumsel, Fadhil Maskur.

Menurutnya, selama periode kepemimpinan Deru dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun, bantuan pembangunan di 17 kabupaten/kota di Sumsel, sudah direalisasikan dan dampaknya telah dirasakan masyarakat. Bahkan, pembangunan tersebut tidak hanya dilakukan di pusat kota sebuah kabupaten/kota saja, melainkan juga dilakukan di daerah yang selama ini tak tersentuh pembangunan.

Berita Lainnya

“Saya kira preferensi Gubernur Herman Deru untuk kemajuan Sumsel tak terbantahkan. Hampir semua sektor di setiap daerah telah mengalami sentuhan pembangunan berkat tangan dingin Deru,” ungkap Fadhil kepada Indopolitika.com, Selasa (15/06).

Lebih lanjut, menurut Fadhil, berkat adanya pembangunan tersebut seluruh kabupaten/kota di Sumsel, sudah selayaknya bisa berkembang dengan infrastruktur yang memadai. Hal itu mengingat Sumsel sendiri merupakan Provinsi yang memiliki berbagai potensi.

“Artinya dengan infrastruktur yang telah dibangun ini, seperti jalan, jembatan dan sejumlah fasilitas pendukung lain, pengelolaan potensi daerah tentu dapat semakin meningkat. Tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat dapat terwujud seperti jargon kampanyenya yaitu Sumsel Maju Untuk Semua,” katanya lagi.

Diketahui, pembangunan dan peningkatan infrastruktur yang telah dilakukan di berbagai Kabupaten/Kota di Sumsel, meliputi akses jalan dan jembatan, sistem drainase, bangunan pendidikan atau sekolah, sarana olahraga, normalisasi sungai, irigasi hingga pembangunan non fisik seperti internet desa.

Selain itu, pada tahun 2021 ini, Gubernur juga menekankan agar bupati dan wali kota di Bumi Sriwijaya, mengusulkan program pembangunan strategis yang bermuara peningkatan pengelolaan potensi daerah.

Menurut Fadhil, Deru mengedepankan tiga kategori pembangunan seperti pembangunan infrasruktur yang mangkrak yang dapat diselesaikan tahun ini juga, pembangunan yang menjadi pusat perhatian atau eye catching dan bermanfaat, serta pembangunan yang memang dibutuhkan masyarakat.

“Saya melihat pada periode kepemimpinan Deru ini memang bakal menjadi periode dimana pembangunan infrastruktur bisa merata hingga ke seluruh pelosok daerah. Berbeda dengan pembangunan era sebelumnya yang melulu terpusat di kota besar dan jantung keramaian warga,” jelasnya.

“Ini membuktikan arah keberpihakan pembangunan Sumsel kedepan adalah pada pemerataan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai catatan, diantara skema pembiayaan, ada pembangunan yang dialokasikan dari dana Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus)  yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 dan APBD tahun 2020. Ini menjadi  ikhtiar Deru untuk mensejahterakan masyarakatnya. [dbm]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *