Pilgub Sumsel 2018

Pengamat: Kampanye Tiada Henti, Deru Akan Menangkan Kontestasi

Lubuk Linggau – Calon gubernur Herman Deru memanfaatkan betul waktu dan kesempatan yang diberikan KPU untuk berkampanye. Diiringi tim setianya, Herman Deru melakukan muhibah kontinyu, blusukan ke berbagai kampung, pasar, pabrik, bahkan sampai ke pelosok pedalaman. Hampir setiap hari, ia bertemu rakyat. Mendengar langsung keluhan, aduan dan masukan mereka. Saat yang sama ia juga menyampaikan program prioritas yang hendak dilakukannya agar Sumsel berubah.

Pada setiap kesempatan Herman Deru selalu menyampaikan pentingnya perubahan. Tidak bisa hidup terus menerus dalam cengkraman kepalsuan. Banyak sekali informasi yang tidak tepat, dimanipulasi dan berbau pencitraan. Padahal yang terjadi dan dirasakan justru apa adanya: hidup susah, berobat susah, sekolah bayar, jalan rusak, ekonomi sulit. “Yang mau mempertahankan hidup begitu, tidak mau berubah, maunya susah, ya harus disadarkan. Jangan ditinggal,” ujarnya kepada wartawan yang menyertainya berkampanye di wilayah Kabupaten Musi Rawas, Senin (26/3).

Kegigihan Herman Deru membangun kesadaran publik Sumsel akan perlunya perubahan mendapat acungan jempol pengamat politik Mus S Galih dari Indopolitika Institute. Menurutnya, kampanye memang bisa jadi sarana pendidikan politik rakyat. Memanfaatkan masa kampanye untuk mengenalkan diri, menyampaikan program dan terutama membangun kesadaran akan pentingnya perubahan jelas merupakan gerakan penyadaran. “Tentu penting bagi kandidat maupun juru kampanye untuk membangun argumen yang rasional, masuk akal dan sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya saat dihubungi wartawan melalui sambungan telpon, Senin (26/3).

Mus S Galih menilai apa yang dilakukan Herman Deru sudah tepat. Bahkan jika kampanye model begitu terus dilakukan secara konsisten, kemenangan yang sudah diprediksi melalui survei akan bisa dibuktikan pada waktunya. “Dengan kampanye tiada henti, Deru akan mudah menangkan kontestasi. Itu juga menunjukan sikap rendah hati. Walau elektabilitas sudah tinggi tetap berjuang wujudkan mimpi tiap hari,” pungkasnya. (Indopol)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close