INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah nama sudah menyatakan siap maju di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Batam 2024. Salah satunya adalah Wakil Gubernur Kepulaun Riau (Kepri) Marlin Agustina. Seberapa besar peluang Marlin untuk menang di Batam?

Direktur Lembaga Kajian Politik dan Perempuan (LKPP) Maya Anggraini menilai Marlin sangat berpeluang besar memenangkan Pikada Batam jika resmi diusung oleh Partai NasDem.

Maya mengatakan memang Pilkada 2024 didasarkan hasil Pemilu 2024. Namun, jika merujuk pada hasil Pemilu 2019, NasDem adalah partai terbesar kedua di Batam hanya kalah dari PDIP. Kendati demikian, Maya menyebut tidak ada kader dari PDIP yang sekuat Marlin.

“Jika NasDem mengusung Marlin, sudah tentu Marlin punya peluang besar untuk menang di Batam. Untuk saat ini dibanding kader-kader partai lainnya, Marlin adalah adalah yang terkuat,” kata Maya dalam keterangannya, Jumat (13/10/2023).

Maya mengatakan lawan berat dari Marlin justru dari sesama kader NasDem sendiri yaitu Amsakar Achmad. Namun, Maya memprediksi Amsakar tidak akan diusung karena cukup banyak kontroversi.

” Lawannya Marlin yang seimbang hanya Amsakar. Tetapi Amsakar ini sosok yang banyak masalah. Beliau dikabarkan tidak sejalan dengan Ketua DPW NasDem Kepri Muhammad Rudi. Selain itu, istri Amsakar juga banyak disebut terlibat dalam kerusuhan di Pulau Rempang,” ungkapnya.

Maya menambahkan yang membuat Marlin semakin kuat karena loyalis Rudi yang dua periode memimpin Batam akan mengalihkan dukungannya kepada Marlin.

“Rudi adalah sosok yang sangat dikagumi selama memimpin Batam. Loyalis Rudi tentu akan memilih sosok yang bisa melanjutkan kepemimpinannya dan itu ada dalam sosok Marlin,” pungkasnya. {Red}

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com