Pengamat Nilai Pertemuan RK dan AHY Sebatas Penjajakan, Belum Pasti Duet

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Safari politik Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Jawa Barat dan bertemu dengan Gubernur Ridwan Kamil (RK) memunculkan spekulasi bahwa keduanya akan maju dan berduet pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Spekulasi ini ramai setelah Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengunggah foto dirinya dengan AHY tengah berboncengan motor.

Berita Lainnya

Namun, Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan pertemuan antara RK dan AHY hanya sebatas penjajakan satu sama lain.

Menurut Pangi, apabila pertemuan tersebut membahas kontestasi di Pilpres 2024, hal tersebut masih terlalu dini atau jauh dari hal tersebut.

“Pilpres ini masih jauh. Namun mungkin bagi mereka yang terpenting adalah safari politik, ini sama saja dengan penjajakan,” kata Pangi kepada wartawan, Minggu (6/6/2021).

Kendati demikian, Pangi tak menampik bahwa pertemuan itu dapat dianalisa sebagai tatap muka pembahasan soal kepentingan politik di pesta demokrasi lima tahunan pada 2024 mendatang.

“Yang jelas begini dalam politik pasti harus saling menguntungkan dan selalu ada kepentingan, dalam pertemuan politik, tidak ada agenda yang kosong dan lewat begitu saja, selalu ada makna dan pesan yang dompleng, ini bukan ruang kosong lewat begitu saja,” ujar Pangi.

Sementara itu, pengamat politik Hendri Satrio menyatakan, pertemuan itu hanya sebatas dalam kerangka persahabatan sesama pelaku politik di negeri ini.

“Ya ini menurut saya pertemuan persahabatan saja ya walaupun dua-duanya digadang-gadang jadi capres, cuma ini belum masih jauh kayaknya ini sekadar pertemuan pertemanan,” ucap Hendri saat dikonfirmasi secara terpisah.

Apalagi, kata Hendri, soal pencalonan AHY, hal itu masih sangat jauh lantaran Demokrat tak bisa mencalonkan capres seorang diri di Pemilu 2024.

“Karena kalau capres-cawapres hampir tak mungkin. Demokrat tidak bisa mencalonkan sendiri kan,” tutup Hendri. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *