Nasional

Pengamat Nilai Rencana Akuisisi Bank BTN Sarat Muatan Politik

Pengamat ekonomi pada MECODEstudies Mangasa Sipahutar menilai bahwa nuansa politik sangat dominan dalam rencana Bank Mandiri mengakuisisi Bank BTN.

Pemerintah dinilai tidak serius mendorong proses akuisisi itu karena lebih mengutamakan kepentingan politik, dibandingkan kemajuan bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita akan sulit memiliki bank BUMN berdaya saing global jika unsur politik terus bermain di dalamnya. Apalagi menjelang Pilpres, setiap kebijakan pasti sarat muatan politik,” kata Mangasa di Jakarta, Jumat (25/4).

Mangasa mengatakan, sikap setengah hati pemerintah menjadi pelajaran sangat berharga tentang bagaimana seharusnya pengelolaan BUMN dijauhkan dari berbagai faktor politik yang sangat mengganggu.

Sebab, kata dia, entitas bisnis riil hanya fokus pada meningkatkan usaha dan pembangunan.

“Kalau sudah politis, selalu dihubung-hubungkan dengan banyak hal, seperti Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden. Seharusnya faktor politik dijauhkan dari bisnis. Bisnis akan mudah digoyang-goyang jika faktor politik ada di dalamnya,”katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan bahwa rencana akuisisi yang akan dilakukan Bank Mandiri terhadap Bank BTN ditunda hingga pemerintah berikut. (bs/id/in/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close