Pengamat Pesimis Judical Review UU KPK Tidak Akan Dikabulkan

  • Whatsapp
Direktur LIMA Ray Rangkuti

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti pesimis langkah hukum judicial review (JR) terhadap UU KPK yang baru berakhir sia-sia. Dia menduga, JR yang diajukan elemen mahasiswa itu tak bakal dipenuhi oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Pasal-pasal yang dianggap melemahkan KPK tetap menjadi bagian dari UU baru.

“Saya nggak terlalu yakin Judical Review itu dikabulkan. Nggak yakin saya,” katanya usai menjadi pemateri dalam sebuah diskusi di Matraman (4/11/2019).

Baca Juga:

Menurut dia, masyarakat harus bersikap. Caranya dengan menghukum partai-partai pengusung ide revisi UU KPK. Kesempatan memberi sanksi politik itu sangat terbuka. Itu bisa dilakukan dengan cara tak memilih calon kepala daerah yang diusung Parpol pendukung UU KPK pada Pilkada serentak tahun depan.

“Jangan beri kesempatan kepada siapapun calon dari mereka (Parpol yang usung revisi UU KPK -red). Itu sanksi buat mereka,” katanya.

Dengan sanksi itu, publik berharap pasca 2024, situasi politik akan berubah. Partai-partai juga akan mengevaluasi langkah-langkah politik mereka. Karena itu, dia mendorong agar masyarakat tak memilih Parpol yang getol memperkuangkan revisi UU KPK. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *