Pengamat Sebut Marlin Punya Modal Memadai untuk Menangi Pilwakot Batam 2024 

Marlin Agustina dalam salah satu kesempatan.

INDOPOLITIKA.COM – Nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina kian santer disebut akan maju sebagai Calon Wali Kota Batam pada Pemilihan Walikota (Pilwako) Batam 2024. 

Bahkan kemunculan namanya di bursa Cawalkot Batam mendapat sambutan positif dari masyarakat.  

 Pengamat Pemilu dari lembaga Stratakindo Research and Consulting, Octarina Soebardjo menilai perempuan kelahiran 15 Agustus 1971 tersebut mempunyai modal besar untuk memenangi Pilwako Batam 2024. Pertama, Marlin dinilai sosok berpengalaman.  

“Saya melihat dari sekian kandidat yang muncul, Marlin paling berpeluang menang di Pilwako Batam. Beliau punya cukup pengalaman memimpin daerah. Menjadi Wakil Gubernur Kepri dari 2020-sekarang. Kemudian juga berpengalaman memimpin sejumlah organisasi seperti Pikori Batam, Dekranasda Batam sampai menjadi Ketua PW Muslimat Nadhlatul Ulama (NU) dan sebagainya,” kata Octarina saat diwawancara, Senin (8/1/2024). 

Octarina juga menyebut Marlin sebagai sosok yang dikenal bersahaja dan dekat dengan masyarakat. Ia kerap turun ke masyarakat tanpa pengawalan ketat. Karakter yang melekat pada diri istri Walikota Batam Haji Muhammad Rudi (HMR) tersebut menurut Octarina membuat Marlin begitu disukai masyarakat. 

“Kedua, kandidat lain mungkin harus bekerja keras untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat Batam. Tapi Marlin sudah cukup dikenal dan tidak hanya dikenal tapi juga dianggap merakyat. Marlin selama menjadi Wagub Kepri jarang mau dikawal ketat padahal sebagai pejabat sudah seharusnya Marlin dikawal ketat. Tapi Marlin memilih hidup seperti rakyat biasa. Apakah sikap Marlin itu hanya sebuah gimmick? Saya kira tidak. Hal itu lahir dari pemaknaan Marlin sendiri yang memandang manusia pada dasarnya sama,” ungkapnya.  

Selain itu, Marlin juga dianggap telah mendobrak paradigma masyarakat terhadap kaum perempuan. Naiknya Marlin menjadi Wagub Kepri adalah sejarah karena untuk pertama kalinya Wagub Kepri seorang perempuan. Jika terpilih menjadi Walikota Batam, Marlin dianggap akan kembali membuat sejarah. 

“Terakhir, ketika kita bicara pemimpin perempuan di Batam, sejauh ini belum ada yang dalam sejarah Batam. Tapi setelah melihat kepemimpinan Marlin di Kepri, maayarakat akan yakin bahwa perempuan juga bisa menjadi pemimpin,” pungkasnya. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *