AnalisisPolitik

Pengamat: Tidak Ada Partai yang Rela Begitu Saja Menjadi Oposisi

Indopolitika.com Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Victor Silaen menilai, koalisi partai politik menunjukkan bahwa parpol di Indonesia haus kekuasaan.

“Faktor kecilnya suara mereka juga membuat mereka jadi begitu (seolah haus kekuasaan), harus bernegosiasi ke sana-sini selama masih ada waktu,” kata Victor di Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Dia mengatakan, tidak ada partai yang rela begitu saja menjadi oposisi tanpa bertarung lebih dulu dalam kontestasi pilpres, baik dengan menjadi pemimpin koalisi maupun anggota koalisi. “Tidak ada yang ihklas untuk menjadi oposisi, kecuali terpaksa. Seperti PDI P (terpaksa oposisi pada pemilu 2004 dan 2009), karena Ketumnya tidak suka dengan SBY,” kata Victor.

Victor juga menilai sudah merupakan hal yang lumrah bagi partai politik mengejar sebuah kekuasaan untuk dapat menerapkan visi misinya membangun bangsa. “Partai manapun sebenarnya haus kekuasaan, karena partai didirikan untuk meraih kekuasaan sebesar-besarnya,” ucapnya.

Sejauh ini peta koalisi partai-partai masih belum menunjukkan sebuah kejelasan yang berarti. Meskipun demikian komunikasi politik sudah terlihat intensif dilakukan antarpartai.

(ant/Ind/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close