Pengamat Yakin Jokowi Condong ke Airlangga

  • Whatsapp
Jokowi dan Airlangga Hartarto

INDOPOLITIKA.com – Peta persaingan di bursa calon ketua umum (ketum) Partai Golkar masih mengerucut pada Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, menilai Airlangga Hartarto lebih memiliki kedekatan personal dengan Jokowi, sehingga layak jika disebut-sebut mendapat dukungan dari Istana. “Presiden punya pilihan. Namun, saya nilai Jokowi lebih condong ke Airlangga,” kata Jerry, Kamis (12/9).

Baca Juga:

Menurut Jerry, sifat Airlangga yang tenang, membuat tokoh senior Partai Golkar seperti Agung Laksono, Akbar Tanjung, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie masih mendukungnya. “Memang selama ini Airlangga tetap setia mendukung Jokowi. Tapi dalam politik satu detik keputusan bisa berubah. Jangan salah Jokowi juga bakal minta petunjuk dan arahan Megawati,” ujarnya.

Baginya, restu dari Presiden Jokowi sangat penting bagi ketua Partai Golkar. Untuk jatah dengan 85 kursi dari hasil torehan Partai Golkar di DPR, maka kemungkinan Golkar tetap meraih jatah 3 kursi menteri. Kalaupun 4 itu hasil kerja keras Airlangga Hartarto.

Dan, sosok Airlangga, dinilai mampu mengamankan jatah menteri yang nantinya akan diberikan Jokowi. Dia melihat, sejauh ini ketua DPD dan DPC masih banyak yang setia pada Airlangga.

Berbeda dengan Bambang Soesatyo. Baginya persiapan Bamsoet terlalu singkat. Memang untuk pendekatan dan lobi perlu waktu lama. Sedangkan Bamsoet sendiri persiapannya bisa dikatakan prematur.

“Kalau saya lihat peluang Bamsoet tipis jika melihat kondisi di lapangan. Bagi saya Airlangga dengan gaya kepemimpinan yang melankolis, cool, santun, ini menjadi garansi dia terpilih lagi,” ucapnya.

Terlebih lagi, lanjut Jerry, bisa dilihat dari dukungan sejumlah DPD. Kehadiran seluruh ketua-ketua DPD di Istana Bogor beberapa waktu lalu memberikan isyarat Airlangga masih berpeluang. “Secara rata-rata, tokoh-tokoh muda masih menginginkan Airlangga,” ucapnya.[ab]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *